Pembawa Aspirasi Rakyat
Natal Koperasi

Pelatihan dan Simulasi Paradaton Sitohang Jabodetabek Tahun 2022

0 128

Cikarang,Peliatarakyat.co.id.Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Punguan Sitohang Dohot Boruna (PSB) se-Jabodetabek akan melaksanakan simulasi adat pada tanggal 15-16 Januari 2022 di Puncak Bogor.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan dan Simulasi paradaton tingkat DPW PSB Jabodetabek,Richard Marsahala Sitohang,SH kepada media yang didampingi Sekretaris Panitia,Parlin Sitohang,ST pada saat rapat panitia (30/12) di Cikarang Kabupaten Bekasi.

Richard M.Sitohang,SH dalam keterangannya mengatakan bahwa peserta yang akan mengikuti pelaksanaan pelatihan sampai saat ini sudah berjumlah 40 orang yang berasal dari 15 DPC PSB se-Jabodetabek.

Ketika ditanya perihal pelatihan yang akan dilaksanakan.  Ketua Panitia menerangkan bahwa Pelatihan Adat Batak adalah sebuah proses yang sistematis untuk mengajarkan atau meningkatkan pengetahuan, keahlian dan sikap, dan perilaku spesifik yang berkaitan dengan keterampilan sebagai Protocol dan Parsinabul. Sehingga Petugas Adat atau yang dipercayakan PSB Jabodetabek semakin terampil serta memiliki tanggung jawab yang lebih baik,ujar Richard yang juga duduk sebagai Ketua 1 DPW PSB Jabobetabek.

Ditempat yang sama, Korbid Kepelatihan : Bosman Sitohang yang didampingi Wakil : Turut Sitohang kepada media mengatakan, perihal pelatihan termasuk materi yang akan dilatih sudah disampaikan terlebih dahulu kepada perserta. Sehingga saat pelaksanaan nanti peserta tersebut tidak meraba-raba, paling tidak sudah mempersiapkan diri masing masing,ujar Bosman.

Turut sebagai wakil Kepelatihan juga menambahkan, bahwa setiap peserta yang mengikuti pelatihan pada tanggal 15-16 Januari 2022 Diwaibkan kepada peserta telak mengikuti pelaksanaan simulasi tingkat DPC dan Sektor masing masing minimal 2 (dua) kali pelatihan. Hal tersebut setiap DPC yang melaksanakan terlebih dahulu memberitahukan pelaksanaan di tingkat DPC kepada Koordinator Bidang Adat.

Hal tersebut juga diamini Ketua Umum DPW PSB Jabobetabek, Biman Sitohang,SE yang didampingi Sekretaris Umum,St.Mangasa Sitohang. Dan sekaligus menekankan kepada Ketua Panitia Pelaksana agar dalam pelaksanaan nanti berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam pelaksanaan pelatihan nanti acara pelatihan telah dibuat  sedemikian rupa agar sesuai dengan pelaksanaan pelatihan yang berbasis adat dan memperoleh hasil yang maksimal sesuai dengan kebutuhan DPW PSB Jabodetabek,ujar Henryanto Sitohang,ST sebagai Kordinator Bidang Acara Pelatihan.(yy)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.