Pembawa Aspirasi Rakyat

Masyarakat Diminta Waspada Terhadap Maraknya Penipuan Uang Kertas Asing

0

JAKARTA, pelitarakyat.co.id,Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Basmi Korupsi Pembangunan (BASKORP) melalui siaran pers yang diterima media ini menyampaikan agar masyarakat tetap menjaga prinsip kehati hatian terhadap adanya praktik illegal perdagangan mata uang asing di Indonesia. Ketua Umum LSM BASKORP Elvida Margaretha mengatakan, dicurigai adanya dugaan praktik illegal perdagangan uang kertas asing dengan nominal besar.

“Hasil pantauan dan investigasi kami, ada dugaan salah satunya praktik perdagangan mata uang kertas illegal se-nilai satu juta poundsterling yang bila dikonversi ke rupiah hampir dua puluh milyar lebih” katanya melalui telepon selulernya. Perdagangan mata uang tersebut menurutnya illegal, karena tidak sesuai dengan Peraturan Perbankan dan kepabeanan.

Jika dilihat dari bentuk fisik, selembar uang kertas kerajaan Inggris terlihat asli. Dapat dilihat tulisan emboss tahun 2017, namun diragukan nomor registernya.

Uang kertas Poundsterling memiliki beberapa fitur keamanan yang dirancang untuk mencegah pemalsuan. Beberapa tanda-tanda keamanannya antara lain:Watermark: 1. Gambar atau logo yang tersembunyi di dalam kertas uang dan dapat dilihat dengan menahan uang ke sumber cahaya.2. Security Thread: Benang transparan atau berwarna yang tertanam di dalam kertas uang dan berisi teks atau gambar yang terlihat jika dilihat melalui cahaya.3. Hologram: Beberapa denominasi uang Poundsterling memiliki hologram yang berubah warna atau gambar ketika diputar atau dipindahkan.4. Microprinting: Teks atau gambar yang sangat kecil yang tidak mudah terlihat tanpa bantuan alat pembesar.5. Tactile Marks: Beberapa denominasi mungkin memiliki tanda-tanda yang dapat dirasakan dengan jari, seperti relief atau tekstur khusus.

Informasi yang dihimpun, proses penukaran selembar uang kertas asing ini sangat sulit secara legal.

“Jadi jika ada pihak yang menawarkan uang kertas asing, kita harus teliti, tidak cepat tergiur harganya dan upayakan berkoordinasi dengan pihak berwenang” ungkapnya. Ditambahkannya, umumnya penukaran selembar uang kertas asing seperti satu juta poundsterling ini digunakan untuk transaksi pencucian uang. (Ton)

Leave A Reply

Your email address will not be published.