Pembawa Aspirasi Rakyat

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Sosilisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan.(GEMARIKAN)

0 582

Kab.Bekasi, pelitarakyat.co.id.-Bertempat Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cijengkol 01 Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi Melakukan Kegiatan Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) Hari Kamis (22/072021), Kegiatan dilakukan dengan cara virtual dan protokol kesehatan 3M guna pencegahan penularan covid-19.

Di mana sosialisasi GEMARIKAN ini di hadiri langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi Ir.H. Agus Trihono,MP Bapeda Kabupaten Bekasi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, DANRAMIL/KAPOLSEK Kecamatan Setu, Kepala Desa Cijengkol dan Kepala Sekolah Dasar Negeri Cijengkol 01, 02, 03 Kecamatan Setu. Dan narasumber sosialisasi dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Dede GilangSeptarina.

Dalam sambutan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Ir.H.Agus Trihono,MP menyampaikan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat tentunya haruslah dimulai dari peningkatan konsumsi ikan dikeluarga.

“Keluarga sebagai bagian terkecil dan masyarakat merupakan komponen utama dalam hal penyediaan sumberdaya manusia yang unggul dan kompetitif yang akan mempengaruhi berhasil atau tidaknya apa yang telah dicita-citakan oleh pendiri negara ini” jelasnya.

Lebih lanjut Agus menyampaikan, untuk menghasilkan sumberdaya yang unggul dan berdaya saing serta berkarakter, maka pembangunan dan pembinaan fisik dan mental haruslah dimulai dari keluarga dengan pemberian nutrisi dan gizi yang baik dimulai dari anak dan ini dimulai sejak dari usia dini.

Maka dari itu kegiatan sosialisasi GEMARIKAN ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran mengkonsumsi ikan sejak mulai dini dengan melibatkan siswa Sekolah Dasar, Sehingga diharapkan bisa terbentuk generasi sehat, cerdas dan kuat karena makan ikan. ujarnya.

Lebih jauh Kepala Dinas menjelaskan, target konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Bekasi masih lebih rendah dibandingkan dengan tinkat konsumsi ikan nasiona. Terkait dengan hal ini perlu dilakukan upaya mendorong peningkatan konsumsi ikan kepada masyarakat melalui GEMARIKAN untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Bekasi.
“maka membudayakan makan ikan di masyarakat terutama dikalangan generasi muda adalah suatu keharusan.” jelasnya.

Tempat terpisah Kepala Bidang (KABID) Penguatan Daya Saing Pada Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Fiman kepada Awak Media menyampaikan kegiatan sosialisasi GEMARIKAN ini adalah bertujuan untuk meningkatkan imun kepada anak-anak disaat musim masa pandemi ini, Dinas Perikanan ikut membantu untuk meningkatkan imun para siswa siswi sekolah dasar yang ada di daerah Kabupaten Bekasi. Dan hari ini di Kecamatan Setu yang diwakili oleh Sekolah Dasar Negeri Cijengkol 01, 02 dan 03. mereka dibagikan paket ikan segar dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, ujar Firman.

Lebih Lanjut Firman menjelaskan, untuk menggali lagi ilmu pengetahuan tentang kemaritiman diadakanlah kegiatan lomba Cerdas Cermat tingkat Sekolah Dasar dan juga lomba mewarnai Celengan Ikan dimana yang menjadi juara ke satu dalam lomba ini adalah SDN Cijengkol 01. (Adv red-jp).

Leave A Reply

Your email address will not be published.