Pembawa Aspirasi Rakyat

Pulang Kampung Bersama PPPSI,Rindu Terobati

St.Mangasa Sitohang mengatakan : “Bahwa Acara Pulang Bersama bertujuan untuk saling melepas rindu dan mempererat tali silaturahmi diantara para anak rantau dan juga masyarakat yang tinggal di Pagarlambung,akan tetapi juga untuk saling bertukar pikiran guna memajukan pembangunan di kampung halaman Pagarlambung”

0
Ketua Umum PPPSI,St.Mangasa Sitohang dan istri (tengah) poto bersama rombongan PPPSI dan keluarga Bonapasogit Pagarlambung Sosorgadong Kab.Tapanuli Tengah Sumut.(30/12/2023) di Sekretariat Pagarlambung.

PAGARLAMBUNG/TAPTENG,Pelita RAKYAT – Rindu Kumpul Bersama dan Kangen Kebersamaan Waktu Kecil, bersama ayah, adik, kakak,keluarga tercinta serta teman-teman bermain bersama. Tapi, kini keadaan sudah berbeda,kami saling terpisah jarak,namun berkat adanya program Pulang Kampung Bersama yang digagas dan diprakarsai Keluarga Besar Persatuan Perantau Pagarlambung Seluruh Indonesia (PPPSI) rindu tersebut telah terobati,ujar salah seorang anggota PPPSI yang ikut pulang kampung.

Dibawah Komando Ketua Umum  PPPSI,St.Mangasa Sitohang dan dikoordinir Sekretaris Jenderal PPPSI,Budiarman Hutabarat kegiatan di kampung halaman Pagarlambung tepatnya di Kelurahan Sosorgadong Kecamatan Pasaribu Dolok Kabupaten Tapanuli Tengah berjalan dengan baik.

Ketua Umum PPPSI,St.Mangasa Sitohang bersama istri Kartini Christina br.Sihotang menerima sambutan dari masyarakat Pagarlambung dengan menerima pengalun­gan bunga

Kehadiran Ketua Umum PPPSI di Pagarlambung dan rombongan anak rantau disambut masyarakat sangat antusias dengan pengalungan bunga kepada Ketua Umum PPPSI St.Mangasa Sitohang beserta istri Kartini Christina br.Sihotang. Terlihat masyarakat dan anggota PPPSI bisa saling bertemu sambil melepas rindu,kangen waktu kecil semasa dulu.

Acara pulang kampung bersama ini,menyambung kembali tali siturahmi yang telah terputus beberapa tahun, dengan kehadiran PPPSI terjalin kembali,tampak mereka saling melepas rindu dan juga acara yang dilaksanakan di kampung halaman berjalan sesuai rencana berkat kerjasama yang baik antara PPPSI dan warga masyarakat Pagarlambung,ujar Sekretaris Jenderal PPPSI,Budiarman Hutabarat  pada Pelita RAKYAT Group.

Dalam acara pada (30/12/2023) tersebut  di hadiri para tokoh-tokoh masyarakat, Pemerintah,Polri serta TNI dan tokoh-tokoh Adat dan tokoh agama.

Masyarakat Pagarlambung melalui tokoh mayarakat saat menyerahkan ulos kepada Ketua Umum  PPPSI,St.Mangasa Sitohang bersama istri Kartini Christina br.Sihotang

Menurut Ketua Panitia,Koppa Sianturi mengatakan bahwa,perserta Pulang Kampung dan masyarakat setempat melalui panitia telah menyuguhkan berbagai acara pertunjukan seni budaya, seperti Tari-tarian, Tortor Batak, Vokal Solo dan Trio Batak dan Koor Gabungan dari gereja dan kegiatan Mangulosi (saling menukar cendra mata berbentuk ulos) yang menjadi kebanggaan suku Batak,unjar Ketua Panitia

Kami dari panitia sangat bangga atas antusias anggota tersebut. Dimana dalam penyelenggaraan Pesta Pulang Bersama semua anggota bersedia secara gotong royong dalam  pengumpulan dana untuk keperluan acara dan selama dalam pengamatan kami dalam melaksanakan tugas sebagai panitia, baik di internal PPPSI dan masyarakat Pagarlambung semua koordinasi berjalan dengan baik.

Dalam hal pulang bersama PPPSI ini kami sangat berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga terlaksana acara dengan baik sesuai instruksi dari PPPSI melalui Ketua Umum PPPSI St.Mangasa Sitohang,imbuh Ketua Panitia mengakhiri perbincangan dengan media.

Ditempat yang sama, Bendahara Umum PPPSI, Gunawan Simarmata mengungkapkan kekagumannya kepada seluruh anggota,karena 90 % lebih partisipasi dari seluruh jumlah anggota diperkirakan dari 250 Kepala Keluarga mendukung melalui pendanaan Pulang Kampung Bersama

Walaupun kegiatan sebelum pesta tanggal 30 Desember 2023 telah dilakukan berbagai kegiatan seperti menyerahkan bantuan untuk penerangan jalan sebanyak 28 titik dan lainnya. Dimana pendanaannya dari pengumpulan secara spontanitas dari anggota.

Begitu juga Wakil Ketua Bidang Adat, Parluhutan Sitohang menyoroti perihal Masalah adat akan mengacu kepada adat setempat (sidapot solukdo naro) yang berlaku didaerah tersebut.

Namun kedepannya akan merangkul untuk kaum muda untuk ikut bergabung dengan PPPSI dan selanjutnya akan diupayakan pembekalan masalah adat melalui seminar adat,simulasi dan lainnya.

Wakil Katua Bidang Kerohanian,Bangun Marbun menegaskan bahwa PPPSI dalam setiap pertemuan dan rapat akan selalu didahului dengan ibadah. Dan khusus PPPSI yang berdomisili di Jabodetabek direncanakan akan melaksanakan syukuran dan natal setiap tahunnya.

Apresiasi dari Bona Pasogit terlontar dari Ketua Wilayah Bona Pasogit PPPSI,Julianto Hutabarat,dimana dengan mengucapkan Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas Berkat dan KaruniaNya acara Pulang Bersama Perantau Pagarlambung se-Indonesia berlangsung dengan sukses.

Masyarakat Pagarlambung menyumbangkan koor saat puncak acara Pulang Kampung Bersama PPPSI

Kami warga Pagarlambung Kel.Sosorgadong mengucapkan terima kasih yang sebanyak banyaknya kepada seluruh perantau dari Pagarlambung tanpa terkecuali.

Sejarah baru telah tercipta, baru kali ini Perantau dari Pagarlambung bisa menyelenggarakan Pulang Bersama. Harapan kami ke depan Perantau dan warga Pagarlambung lebih berkesinambungan lagi di dalam membangun dan melestarikan Bona Pasogit Pagarlambung.

Terkhusus ucapan terima kasih kepada Ketua Umum PPPSI Bapak Mangasa Sitohang beserta seluruh fungsionarisnya yang telah memberikan kontribusi yang sangat besar untuk kemajuan PPPSI.

Ketua 3 Bidang Program PPPSI,Marganda Sihombing juga mengatakan,sebagai ketua yang membidangi Program  di organisasi PPPSI, dengan melihat antusias anggota dan masyarakat yang sangat menikmati silaturahmi yang selama ini baru pernah terjadi dalam sejarah anak rantau dari tanah kelahiran Pagarlambung.

Maka,Saya sebagai ketua program akan merencanakan kembali pesta bersama rakyat Pagarlambung untuk lebih mengeratkan persaudaraan dan lebih memperhatikan pengembangan masa depan  kampung halaman. Baik pengembangan SDM, keindahan, dan memperhatikan sumberdaya alam untuk dikelola masyarakat.

Hal ini bisa terjadi dengan merangkul semua masyarakat, tokoh-tokoh dan pemerintah daerah setempat. Saya berkeyakinan atas izin Tuhan yang maha Esa rencana program kedepan akan berjalan lebih baik demi kecintaan terhadap PPPSI dan tanah kelahiran Pagarlambung Kec.Sosorgadong

Ketua Umum PPPSI St.Mangasa Sitohang menjelaskan dalam pidatonya,bahwa PPPSI sangat berterimakasih kepada Panitia dan masyarakat Pagarlambung atas penyambutan warga masyarakat terhadap PPPSI di Pagarlambung.

Diharapkan kedepan semakin terjalin kerjasama yang baik dan saling menjalin keharmonisan agar memperoleh kemajuan di tanah kelahiran Anggota PPPSI di Pagarlambung, artinya  BPH DPP PPPSI sampai ke Ketua Pengurus Wilayah dan Para  Koordinator Wilayah PPPSI harus selaras (seia sekata), begitu juga dengan masyarakat yang tinggal di kampung halaman Pagarlambung harus seia sekata dalam rangka memajukan Pagarlambung. Dengan demikian akan sesuailah dengan lagu yang berjudul “Dos Ni Roha”,ungkap Ketua Umum PPPSI.

Selanjutnya, Ketua Umum PPPSI St.Mangasa Sitohang menyerahkan sumbangan kepada Gereja HKBP Pagarlambung sebesar Rp.10.000.000,- dan kepada Gereja Methodis Indonesia sebesar Rp.5.000.000,-

Ketua Umum PPPSI diakhir pidatonya berkesempatan mengajak seluruh anggota PPPSI dan masyarakat bona pasogit Pagarlambung menyanyikan lagu yang berjudul Dos Ni Roha (Satuhati). Setelah acara berakhir dilanjutkan acara hiburan yang di fasilitasi PPPSI.

Selanjutnya ditengah acara pertunjukan seni budaya dan hiburan berlangsung Pelita RAKYAT melakukan bincang bincang dengan Ketua Umum PPPSI St.Mangasa Sitohang perihal Pulang Kampung Bersama.

St.Mangasa Sitohang mengatakan bahwa Acara Pulang Bersama bertujuan disamping untuk saling melepas rindu dan mempererat tali silaturahmi diantara para anak rantau dan juga masyarakat yang tinggal di Pagarlambung,akan tetapi juga untuk saling bertukar pikiran guna memajukan pembangunan di kampung halaman Pagarlambung

Untuk itu, kami juga membutuhkan dukungan dari seluruh anak rantau khusunya pemerintah setempat, agar pembangunan Pagarlambung di segala bidang dapat berjalan lancar,” kata Ketua Umum PPPSI St.Mangasa Sitohang  (01/red)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.