Pembawa Aspirasi Rakyat

PWI Pematangsiantar Gelar UKW Angkatan 57 Tahun 2023

 Wali Kota Pematangsiantar: Sesuai Visi Misi Menciptakan SDM Unggul dan Berkualitas

0

PEMATANGSIANTAR, Pelitarakyat.co.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Pematangsiantar menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 57 Tahun 2023 selama dua hari mulai 17 hingga 18 Juli 2023 di Hall Batavia Hotel, Jalan Gereja, Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara.

Pelaksanaan UKW yang diinisiasi PWI Pematangsiantar bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Pematangsiantar itu berlangsung dengan lancar dan tertib. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas wartawan itu diikuti sebanyak 36 peserta dari berbagai lintas media baik cetak mau pun online.

Wali Kota Pematangsiantar, dr Susanti Dewayani SpA dalam pidatonya saat membuka gelaran UKW memberikan apresiasi kepada PWI Provinsi Sumatra Utara, khususnya PWI Pematangsiantar dengan terlaksananya UKW tersebut meski dengan dana yang terbatas.

“Ini luar biasa, dengan dana yang terbatas bisa menyelenggarakan kegiatan yang spektakuler,” ujarnya menaruh rasa bangga.

Hari ini, kata Susanti, wartawan dituntut mempunyai kompetensi dalam bidangnya. Dengan keberadaan wartawan atau jurnalis yang kompeten tentu akan membawa manfaat untuk kemajuan Kota Pematangsiantar.

“Pers mempunyai peranan yang sangat penting. Pers memiliki tanggung jawab untuk menyebarluaskan informasi yang bersifat positif untuk mendukung kemampuan masyarakat,” kata mantan Direktur RSUD Djasamen Saragih itu.

Masih kata Susanti, Kota Pematangsiantar memiliki visi dan misi yaitu sehat, sejahtera dan berkualitas. “Visi berkualitas inilah, diharapkan melalui UKW ini jurnalis mempunyai SDM yang unggul dan berdaya saing,” imbuhnya seraya mengatakan meningkatkan profesionalitas dan kualitas wartawan.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Sumatra Utara Farianda Putra Sinik SE dalam pidatonya menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA atas perhatiannya terhadap PWI Pematangsiantar.

“Dengan adanya bantuan dari pemerintah kota, tentunya kegiatan-kegiatan PWI di Siantar lebih banyak dan UKW diadakan lagi,” ujarnya.

Ketua PWI Kota Pematangsiantar, Surati, dalam sambutannya juga mengaku bangga melihat antusiasme peserta yang mengikuti pelaksanaan UKW tersebut.

“Jujur Bu Wali, dengan keterbatasan dana saya tidak yakin akan seperti ini. Tapi syukur alhamdulillah berkat ridha Allah sehingga mereka-mereka (peserta UKW, red) ada di sini. Dan itu merupakan semangat juang rekan-rekan wartawan yang bertugas di Kota Pematangsiantar untuk mengikuti UKW ini,” ujar perempuan yang pertama menjabat sebagai ketua di organisasi PWI Pematangsiantar itu.

Besarnya animo wartawan terhadap gelaran UKW Angkatan 57 ini terlihat dari membludaknya jumlah peminat sejak dibukanya pendaftaran pada Juni lalu. Saat itu, dikatakan Surati, sebanyak 80 orang wartawan mendaftarkan diri untuk mengikuti UKW. Namun dengan keterbatasan yang ada, UKW Angkatan 57 ini hanya dapat menampung sebanyak 36 orang peserta yang terbagi 2 kelas yaitu jenjang Wartawan Muda diikuti sebanyak 30 peserta dan jenjang Wartawan Madya sebanyak 6 orang.

Adapun peserta yang dinyatakan kompeten pada saat penutupan UKW Angkatan 57 Tahun 2023, Selasa (18/7/2023), sebagaimana diumumkan oleh Deddy Syahputra selaku delegasi PWI Pusat yang juga merupakan penguji, berjumlah sebanyak 29 orang. Untuk itu Deddy berpesan agar yang belum dinyatakan kompeten tetap semangat dan mengikuti lagi UKW yang akan datang.

Masih di tempat yang sama, Plt Kadis Kominfo Kota Pematangsiantar, Johannes Sihombing SSTP, MSi, mengatakan bahwa wartawan bukanlah mitra kerja semata melainkan juga sebagai customer dalam artian bahwa media sebagai tempat bagi Pemerintah Kota Pematangsiantar untuk memublikasikan program kerja dan menangkal berita tidak benar alias hoax.

Lebih lanjut Johannes mengatakan bahwa keberadaan media dan wartawan sangat penting bagi Pemkot Pematangsiantar. Hal itu ditindak lanjuti dengan menyediakan dana hibah bagi 4 organisasi profesi yang ada di Pematangsiantar dalam rangka membangun kerjasama komunikasi dan informasi serta meningkatkan kualitas SDM melalui pelaksanaan UKW seperti yang diadakan oleh PWI Pematangsiantar.

“Untuk pelaksanaan UKW ini, kami (Pemkot Pematangsiantar, Red) sangat acungkan jempol. Luar biasa!,” pungkasnya saat menutup pelaksanaan UKW.* (Roni)

Leave A Reply

Your email address will not be published.