Warning: extract() has been disabled for security reasons in /home/pelitarakyat/public_html/wp-includes/template.php on line 771
Komandan Lanal Bandung Pimpin Upacara Penutupan TMMD Ke-116 Tahun 2023 – Pelita Rakyat
Pembawa Aspirasi Rakyat

Komandan Lanal Bandung Pimpin Upacara Penutupan TMMD Ke-116 Tahun 2023

0

BANDUNG,pelitarakyat.co.id — Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr.Renny Setiowati,S.T.,M.Sc.,M.Tr.Hanla.,selaku Inspektur Upacara Penutupan TMMD Ke-116 Tahun 2023 di Wilayah Kodam III/Siliwangi, bertempat di Lapangan Sepak Bola Wanajaya  RT 07 RW 02, Dusun Pari, Desa Wanjaya, Kecamatan Surian, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Kamis (08/06/2023).

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 TA. 2023 di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”.

Dalam sambutannya, Danlanal Bandung menyampaikan amanat Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., mengatakan bahwa sebagaimana diketahui bersama, TMMD merupakan program Lintas Sektoral untuk membantu mempercepat Pembangunan di daerah terutama di desa-desa terpencil, terisolasi dan terluar yang masih minim infrasturktur dan sulit dijangkau mode transportasi serta termasuk kategori desa tertinggal. Disinilah TNI mencoba untuk hadir guna membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh Pemda maupun masyarakat, terkait dengan upaya peningkatan kesejahteraan dan pembangun infrastuktur serta sarana yang dibutuhkan masyarakat baik fisik maupun non fisik untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Selain itu, TMMD juga menjadi sarana terbaik bagi TNI untuk lebih mempererat kemanunggalan dengan rakyat serta mendedikasikan pengabdian terbaiknya dalam membangun NKRI dan kepentingan rakyat. Sebagaimana juga terkandung dalam tema TMMD, yaitu “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat.” Oleh karena itu, saya ingin mengajak kepada Pemerintah Daerah dan warga masyarakat untuk terus bekerjasama, bergotong-royong bersama dengan TNI membangun daerah guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi terutama meningkatkan kesejahteraan termasuk menjaga pertahanan negara di daerah demi tegaknya kedaulatan NKRI.

Saya berharap, kehadiran prajurit TNI yang berada ditengah-tengah masyarakat selama mengerjakan program TMMD di desa ini telah memberikan energi positif untuk lebih bersemangat membangun desa meraih kesejahteraan hakiki dalam berbagai aspek, baik fisik maupun non fisik. Untuk itu, berbagai program yang telah diwujudkan pada TMMD ke-116, agar dipelihara dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan seluruh warga masyarakat, sekaligus sebagai motivasi untuk ikut serta melakukan pembangunan secara mandiri dan berkesinambungan.

Pada kesempatan yang baik ini, saya Pangdam III/Siliwangi selaku Pengendali Kegiatan Operasi (PKO) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan secara pribadi, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Gubernur, Bupati, instansi Kementerian terkait, unsur Forkopimda dan khususnya kepada seluruh masyarakat yang telah bahu membahu bersama prajurit TNI mewujudkan pembangunan daerah yang daerahnya telah melaksanakan TMMD ke-116, yaitu Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Karawang dan Kota Cilegon.

Kemudian selaku Pengendali Kegiatan Operasional TMMD, saya menyampaikan permohonan maaf apabila selama kegiatan TMMD terdapat perilaku atau tutur prajurit yang kurang berkenan di hati masyarakat. Kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD agar memperhatikan faktor keamanan saat kembali ke induk pasukan masing-masing. Jadikanlah momen kegiatan TMMD ini sebagai pelajaran dan pengalaman tentang begaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi dan pendorong motivasi rakyat. Karena TNI AD lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Danrem 062/Taruma Negara, Pabandya Bhakti TNI SiterdamIII/Siliwangi, Danrem 062/TM, Dandim 0610/Sumedang, Dandim 0624/Kabupaten Bandung, Dandim 0611/Garut, Dandim 0613/Ciamis, Dandim 0625/Pangandaran, Dandim 0612/Tasikmalaya, Dandim 0609/Cimahi, Wakil Bupati Sumedang Irwan Setiawan, Unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang, Camat Surian, Kepala Desa Wanajaya, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Ormas, serta tamu undangan dan hadirin sekalian yang berbahagia serta segenap anggota Satgas TMMD yang saya banggakan.  (Pen Lanal Bandung/bs*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.


Warning: extract() has been disabled for security reasons in /home/pelitarakyat/public_html/wp-includes/template.php on line 771