Pembawa Aspirasi Rakyat

Sudah 4.962 Instansi Kerjasama Untuk Manfaatkan Data Dukcapil Kemendagri

0 33

JAKARTA,pelitarakyat.o.id, Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) terus mendapat antusiasme masyarakat. Memasuki sesi ke-13, DMM kembali menghadirkan narasumber, Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan (FPD2K), Akhmad Sudirman Tavipiyono.

Direktur yang akrab disapa Tavip ini menyampaikan materi “Pemanfaatan Dokumen Kependudukan untuk Pelayanan Publik”.

“Sudah banyak lembaga yang bekerja sama untuk memanfaatkan data Dukcapil untuk keperluan pelayanan publik. Data terakhir sudah 4.962 lembaga yang menjalin kerja sama,” kata Tavip di Jakarta, Sabtu (2/4/2022).

Lebih jauh Tavip mengungkapkan, beberapa pengguna data Dukcapil yang sudah bekerja sama, seperti BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, aplikasi Pedulilindungi, dan masih banyak lagi lainnya.

Sebelumnya, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh berkenan membuka acara sekaligus menyapa para sekitar 1.000 Sahabat Dukcapil yang bergabung daring dalam zoom meeting, dan kanal Youtube Dukcapil KDN.

“Rasa cinta terhadap Dukcapil pusat maupun daerah tidak pernah berkurang, semakin hari semakin bertambah,” kata Dirjen Zudan.

Zudan mengaku semangatnya terus tumbuh untuk membenahi layanan Adminduk. “Untuk semua sahabat Dukcapil, dari tingkat kecamatan bahkan hingga ke desa: Hatur nuhun pisan, karena telah mengikuti terus kegiatan ini,” katanya menyapa peserta saat pembukaan.

Zudan meminta, Disdukcapil kabupaten/kota terus mengikuti kegiatan ini setiap pekan. Sehingga persepsi masyarakat terhadap Dukcapil itu layanannya mudah.

“Untuk itu diperlukan komunikasi publik terus menerus. Jangan bosan. Jadilah seperti matahari, setiap pagi menyinari bumi.”

“Itulah Dukcapil, setiap hari mengabdi, berbakkti kepada Ibu Pertiwi, berkarya tanpa batas, lahir inovasi setiap hari. Lakukan hal baru agar masyarakat nyaman dan berbahagia,” demikian Dirjan Zudan Arif Fakrulloh memungkasi pesannya. (Puspen/*red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.