Pembawa Aspirasi Rakyat

Irjen Kemendagri Ingatkan Pentingnya Pengawasan Teknis Yang Kolaboratif

0 151

JAKARTA, pelitarakyat.co.id- Inspektur Jenderal Tumpak Simanjuntak menyampaikan tentang pentingnya kolaborasi pengawasan antara Inspektorat Jenderal Kemendagri dengan Inspektorat Jenderal Kementerian/Lembaga. Hal itu disampaikannya pada sambutan pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Selasa ( 25/01/2022) di Hotel Aryaduta Jakarta.

“Untuk menjamin seluruh urusan teknis, tidak hanya send tapi delivered di level pemda sesuai arahan Bapak Presiden, maka kita semua harus saling berkoordinasi. Nah sebagai langkah awal koordinasi tersebut kita mulai dari sinkronisasi jadwal pengawasan serta isu-isu pengawasan untuk Tahun 2022 ini” jelas Tumpak.

Rapat Koordinasi Pengawasan Teknis ini diikuti peserta seluruh Inspektorat Jenderal Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian. Dalam kegiatan tersebut, dilakukan konsolidasi jadwal pengawasan sekaligus membahas isu-isu pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah Tahun 2022.

Rapat yang digelar dengan penerapan protokol kesehatan ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 48 Tahun 2021 tentang Perencanaan Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2022. Sementara sinkronisasi jadwal pengawasan bersama Kementerian/Lembaga menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Inspektorat Jenderal (SIWASIAT) Kemendagri.

Diujung sambutannya, Tumpak menambahkan, bahwa tujuan dari pertemuan ini sendiri guna memudahkan pemda dalam mempersiapkan diri dalam pengawasan yang akan dilakukan oleh Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Kementerian/Lembaga. “Ini penting agar pemda tidak terkesan betubi-tubi dilakukan pengawasan” tutup Tumpak.(RIL/*Red-Ton)

Leave A Reply

Your email address will not be published.