Pembawa Aspirasi Rakyat

Kepercayaan Anggota Adalah Kunci Koperasi Makmur Mandiri

0 270

Bekasi,pelitarakyat.co.id, Menjaga kepercayaan anggota menjadi kunci keberhasilan Koperasi Makmur Mandiri menjalankan usahanya. Demikian disampaikan Drs Tumbur Naibaho MM Ketua Koperasi Makmur Mandiri saat menerima audiensi Pelita Rakyat Grup di kantornya  Rabu 3/11/2020. Tidak dipungkirinya, masa pandemi covid 19 berdampak negatif pada pertumbuhan dunia koperasi. Namun, sambungnya lagi, anggota harus merasa memiliki agar kerjasama keduanya tetap berkesinambungan.

“Koperasi Makmur Mandiri mempunyai 70 ribu anggota, menjaga kepercayaan anggota menjadi kunci sukses kami. Mendapat kepercayaan dari pemerintah berupa pinjaman 50 M untuk disalurkan ke masyarakat juga menambah kepercayaan anggota kepada kami” ungkap pemilik 147 cabang koperasi di Indonesia ini. Selain itu, kemampuan menjaga liquiditas dari awal juga merupakan salah satu kunci keberhasilan KMM. “Koperasi itu murni harus menjaga kepercayaan anggota” tambahnya.

Hal lain menurut Tumbur yang patut menjadi pertimbangan anggota adalah diversifikasi usaha.Koperasi Makmur Mandiri baru-baru ini mengakuisisi SPBU ke di daerah Klaten Jawa Tengah. Akuisisi ini menurutnya semakin menancapkan kepercayaan anggota kepada koperasi yang dipimpinnya.

Disamping itu, KMM dalam menyalurkan dana pinjaman lebih selektif dan fokus kepada usaha produktif skala mikro. “Ini menjadi pertimbangan, karena para pelaku usaha mikro anggota koperasi lebih mudah mengembalikan pinjamannya” jelasnya lagi.

Diakhir pertemuan, Drs Tumbur Naibaho MM menyampaikan bahwa dalam waktu dekat Menteri Koperasi RI akan menyambangi salah satu unit Koperasi Makmur Mandiri di Sumatera Utara guna memastikan penyaluran pinjaman produktif dari pemerintah. “Pemerintah ingin melihat efektifitas dari penyaluran pinjaman produktif ini. Dan KMM salah satu yang mendapat kepercayaan dari pemerintah melalui pinjaman yang diberikan kepada kami” tutup Tumbur. (Tony)

Leave A Reply

Your email address will not be published.