Pembawa Aspirasi Rakyat

TERKAIT STANDAR PELAYANAN ADMINDUK: Perbaiki Yang Kurang, Tingkatkan Yang Sudah Baik

0 129

Sukabumi, pelitarakyat.co.id- Rapat Prmbahasan Dan Kesepakatan Stakeholder Tentang Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sukabumi melibatkan berbagai unsur masyarakat, baik perangkat daerah, tokoh masyarakat, pemuda, ormas, civitas akademika dan media massa. Kegiatan selama sehari, Senin (28/09/2020) digelar di Augusta Cikukulu menghadirkan Narasumber Akademisi Drs. H. Asep Deni dan menerapkan protokol kesehatan serta pembatasan peserta.

Menurut Asep Deni, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap proses pelayanan sering kali menjadi kendala terlaksananya pelayanan yang maksimal.

” Tugas kita untuk mengedukasi masyarakat dan hal tersebut¬† dapat difasilitasi oleh pemerintah kecamatan, desa, MUI, KNPI dan ekspose media”, terangnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Ida Widayati SH sangat mengapresiasi  terkait perihal mengedukasi masyarakat. Menurutnya Disdukcapil sering melakukan edukasi secara berkala, baik langsung kepada masyarakat yang datang langsung ke Disdukcapil ataupun melalui pemberitahuan berupa brosur, spanduk dan slogan.

” Kaitan Sosialisasi yang harus disampaikan kepada masyarakat hanya dilakukan sampai tingkat kecamatan dengan mengundang perwakilan sebagai kepanjangan tangan Disdukcapil untuk disampaikan kepada masyarakat”, terangnya.

Lebih lanjut Ida menyebutkan bahwa untuk menjangkau pelayanan hingga daeah terpencil dan melayani masyarakat yang terbatas secara fisik dan ekonomi Disdukcapil juga memiliki 2 unit mobil dan 3 unit motor (Mopeling).

” Pelayanan kelililng dimaksudkan untuk menyisir masyarakat yang tidak terlayani di dinas dengan didatangi langsung ke wilayah yang bersangkutan”, ungkapnya.

Di akhir kata dia meminta kerjasama yang baik dari masyarakat. “Selagi bisa dan mampu untuk memproses adminduk, silahkan diurus sendiri, sehingga dapat memutus mata rantai praktek percaloan. Mari sama-sama memperbaiki yang kurang dan meningkatkan yang sudah baik”, pungkasnya. (e. handayani)

Leave A Reply

Your email address will not be published.