Pembawa Aspirasi Rakyat

Gubernur Sulteng Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan, Kades dan BPD se-Kabupaten Sigi

0

Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura bersama Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi , dalam acara Pengukuhan dan Perpanjangan Masa Jabatan Kades dan BPD se Kabupaten Sigi, di lapangan sepakbola Desa Kotapulu, Sigi, Selasa 17 September 2024.

SIGI,pelitarakyat.co.id -.Perpanjangan masa jabatan Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan kepercayaan yang diberikan untuk melanjutkan pembangunan Indonesia dari desa.

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi menghadiri Acara Pengukuhan Masa Jabatan Kepala Desa dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se-Kabupaten Sigi Tahun 2024 yang bertempat di Lapangan Sepakbola Kotapulu, Kecamatan Dolo.

Acara tersebut bertujuan untuk memperkuat komitmen para pemimpin desa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka selama masa jabatan yang baru sesuai tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, dimana diamanatkan Bahwa masa Jabatan Kepala Desa dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa bertambah yang semula 6 Tahun menjadi 8 Tahun.

Wabup Sigi dalam sambutannya mengatakan,sangat mengapresiasi kinerja para Kades dan anggota BPD yang telah bekerja keras dalam mendukung pembangunan di tingkat desa.

Wabup berharap bahwa para pemimpin desa yang baru dikukuhkan ini, agar dapat melaksanakan tugas dengan amanah dan selalu mengutamakan kepentingan masyarakat. Selain itu, Wabup Sigi juga menambahkan bahwa Kades dan BPD merupakan ujung tombak Pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan Masyarakat, oleh karena itu laksanakan tugas dengan baik dan berperan aktif dalam memajukan Desanya masing-masing.

Dengan dikukuhkannya Para Kades dan BPD ini, dapat terbentuk sinergi yang baik antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa dalam meningkatkan kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Sigi.

Di kesempatan ini, Gubernur Rusdy Mastura mengapresiasi program-program aplikatif Pemerintah Sigi yang dinilai efektif menjangkau warganya seperti KUR 0% sebagai upaya memajukan sektor UMKM di Sigi.

Program ini membawa Sigi jadi satu-satunya kabupaten di Sulteng yang mampu menerapkan KUR dengan bunga 0%.

Ia juga memuji capaian penurunan angka stunting di Sigi yang menyentuh 2 % dengan harapan terus meningkat di masa mendatang.

“Saya ke depan akan aplikatif seperti Sigi,” harapnya dengan meniru program Pemerintah Kabupaten Sigi.

Sejalan dengan itu, gubernur mengumumkan bahwa mulai tahun depan, pemerintah provinsi menganggarkan bantuan sebesar 100 juta rupiah per kabupaten untuk mendukung kegiatan organisasi PKK dan membantu petani memenuhi kebutuhan pupuknya,ujar Gubernur Rusdy Mastura

Dengan naiknya PAD ini membuat gubernur dapat mendistribusikan secar merata ke kabupaten kota guna mendukung pembangunan infrastruktur jalan dan peningkatan kesejahteraan sosial warga.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, Unsur Forkopimda Kabupaten Sigi, Para Kepala OPD Kabupaten Sigi dan Para Camat Se-Kabupaten Sigi. (MC/Djony Salumpana)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.