Pembawa Aspirasi Rakyat

Jadwal Ibadah Sering Berubah, Ketua KNO 09 Minta Maaf Kepada Jamaah

0

H Boyandres Simanjuntak,SKep.NS

MEDAN,pelitarakyat.co.id – Jadwal rangkaian ibadah haji sering berubah sehingga Ketua KNO 09 terkadang kena marah sebagian jamaah. Itulah konsekwensinya  bagi seorang pimpinan yang membawahi 347 jamaah. Itu belum lagi dengan puluhan keluhan jamaah yang intinya ingin pelayanan maksimal.

Namun Ketua KNO juga manusia,yang tak luput dari keterbatasan. “Saya memakluminya dan bersabar hati. Karena mereka tidak tahu terjadinya percepatan jadwal atau perubahan jadwal yang terkait dengan pelaksanaan ibadah haji,” kata Ketua KNO 09, Dr.Awaluddin, MPd di Hotel Deyar Al Syishah 323 Makkah Senin,(1/7/2024).

Di Makkah,lanjutnya,jadwalnya bisa berubah-ubah tanpa memberitahu kita sehingga jamaah selalu menyalahkan kita.Contohnya keberangkatan ke Arafah di jadwalkan jam 16.00 sore,namun tiba-tiba harus berangkat jam 12 siang.

“Yang paling parah adalah ketika berada di Muzdalifah, kita dimarah-marahin jamaah karena jamaah salah paham tentang jadwal keberangkatan ke Mina. Ini saat yang paling menyedihkan bagi saya. Tapi sudahlah, kita ambil hikmahnya dan dijadikan pengalaman berharga bagi saya,” kata Qori nasional ini.

Lalu apa saja yang paling berkesan dalam per  haji di KNO 09?.  Menurut Awaluddin, yang paling berkesan adalah ketika  mencari dan menjemput jamaah yang hilang  atau tersesat.

BELUM MAKSIMAL

Saat disinggung apakah tugas sebagai ketua kloter sudah maksimal, Awaluddin mengaku belum maksimal. Karena ia kurang mengerti bahasa Arab sehingga terkadang membutuhkan  keahlian bahasa dalam menjalankan tugas yang diemban. “Ke depan,saya akan mempelajarinya dengan seksama,”ucapnya.

Pada musim haji tahun ini masih berthemakan Ramah Lansia, apakah hal itu sudah terpenuhi di KNO 09? “Terpenuhi, karena kita berupaya maksimal mengarahkan para Lansia untuk tetap semangat mengikuti pelaksanaan ibadah haji, terutama pada program baru Murur, untuk lansia yang langsung dari Arafah ke Mina tanpa berhenti di Musdalifah.

Selain itu membimbing mereka mendaftarkan ke golfcar untuk  melaksanakan tawaf.Terpisah,tanpa diminta salah satu Tim Kesehatan KNO 13 Labuhan Batu, H.Boyandres Simanjuntak,S.Kep NS menyatakan bahwa kinerja Ketua Kloter 09, Awaluddin sebenarnya cukup bagus. Ia seorang pekerja yang bertanggung jawab. “Cuma ia terkadang segan dengan para seniornya,” ujar H.Boyandres di Makkah, Jumat, (28/6/2024). (dede)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.