Pembawa Aspirasi Rakyat

Pengajar Muda Sigi Laksanakan GPS Edisi Ketiga

0

SIGI,pelitarakyat.co.id – Pengajar Muda XXV kabupaten Sigi bersama dengan Pemerintah Desa Berdikari menyelenggarakan kegiatan “Gema Pendidikan Sigi” atau GPS. Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Camat Palolo, Kasirun, pada Senin, (6/5/2024).

“Saya bangga kepada pemerintah desa Berdikari yang telah mendukung program ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemerintah desa peduli terhadap pendidikan,” ungkap Kasirun.

Berdikari adalah desa ketiga yang telah menyelenggarakan “Gema Pendidikan Sigi”, setelah desa Moa (Kulawi Selatan) dan Dusun Noke (Kulawi). Tujuan umum dari program ini adalah untuk menyuarakan semangat dan aksi peduli terhadap pendidikan, khususnya wilayah kabupaten Sigi.

Gema Pendidikan Sigi di Berdikari memiliki beberapa kegiatan, di antaranya pembukaan, nonton bareng film pendidikan, Kelompok Belajar KKG dan K3S kecamatan Palolo, Kegiatan Belajar dan Bermain, Kelas Inspirasi, Kelas Berbagi bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulawesi Tengah, dan penutupan.

Sulawesi Tengah menjadi provinsi urutan ke-empat tertinggi dalam Prevalensi Penyalahgunaan Penggunaan Narkoba di Indonesia. Melalui Kelas Bersama Orang Tua dan Pemuda, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan pemuda untuk ikut serta dalam memberantas penyalahgunaan dan pengedaran Narkoba di wilayah Berdikari.

“Menjadi tanggung jawab orang tua, pemerintah desa, dan seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengawal kabupaten Sigi untuk bebas narkoba.” ungkap Ni Gusti Ayu Puti Indahati, penyuluh dari BNN Sulawesi Tengah.

Gema Pendidikan Sigi di Berdikari ditutup oleh Anwar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sigi, pada Rabu, (8/5/2024).

Melalui program ini, telah menjangkau sekitar 90 orang yang terdiri dari guru, kepala sekolah, masyarakat, dan pemerintah desa. Tidak sendiri, GPS Berdikari melibatkan Pemerintah Kabupaten Sigi, Pemerintah Desa Berdikari, K3S dan KKG Palolo, Badan Narkotika Nasional Sulawesi Tengah, Bioskop Todea, Mahasiswa KKN UIN Datokarama Palu, dan Mahasiswa Bertani untuk Negeri.

Anwar berterima kasih kepada Pemerintah Desa Berdikari yang telah mendukung penuh Gema Pendidikan Sigi, “Terima kasih telah bersedia mendukung Pengajar Muda dalam menyukseskan GPS ini. Pengajar Muda tidak akan bisa tanpa dukungan pemerintah desa”, tutupnya. (SP Sigi/Djoni Salumpana*)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.