Pembawa Aspirasi Rakyat

Tingkatkan Disiplin Prajurit Lanal Bandung Laksanakan Latihan P5T

0

BANDUNG,pelitarakyat.co.id –  Dalam Tradisi TNI Angkatan Laut dikenal istilah Trisila TNI AL yang meliputi Disiplin, Hierarki dan Kehormatan Militer. Trisila TNI AL menjadi sikap yang harus selalu melekat pada diri setiap prajurit TNI AL. Dalam rangka meningkatkan sikap disiplin prajurit, Pangkalan Angkatan Laut Bandung melaksanakan latihan P5T yang berlangsung di Lapangan Apel Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No.8 Kota Bandung, Senin (12/06/2023).

Latihan tersebut diikuti prajurit Lanal Bandung dalam rangka program kerja Lanal Bandung. Materi latihan P5T meliputi Peraturan Baris Berbaris (PPM), Peraturan Disiplin Tentara (PDT) Peraturan Urusan Dinas Dalam (PUDD), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Dinas Garnisun (PDG) dan Tata Upacara Militer TNI (TUM TNI).

Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., menyampaikan bahwa P5T merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari dalam dinas militer sehingga setiap prajurit Lanal Bandung diharuskan untuk melaksanakan setiap kegiatan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan TNI/TNI AL.

Selain itu, latihan P5T merupakan bagian dari latihan rutin setiap Triwulan yang dilaksanakan secara terencana dan berkelanjutan dalam rangka  mempertahankan dan meningkatkan kedisiplinan prajurit guna mendukung tugas yang diembannya.

Kegiatan yang dipimpin langsung Perwira Staf Operasi Lanal Bandung ini melaksanakan latihan baris berbaris baik dengan gerakan di tempat, gerakan berpindah dan latihan defile pasukan. Seluruh prajurit Lanal Bandung yang terlibat tampak dengan semangat melakukan gerakan-gerakan sesuai aba-aba yang diberikan.

Latihan peraturan baris-berbaris ini sangat efektif dalam meningkatkan kembali sikap disiplin dan tanggung jawab prajurit. Disamping juga untuk menumbuhkan kebersamaan dan jiwa korsa, kekompakan serta melatih soliditas antar prajurit Lanal Bandung.

(Pen Lanal Bandung/bs)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.