Pembawa Aspirasi Rakyat

UMKM Kota Bekasi Raih 3 Penghargaan Pada Hari Ritel Nasional II Dan HUT 27 APRINDO

0 415

BEKASI,pelitarakyat.co.id – UMKM Kota Bekasi kembali raih penghargaan UMKM Unggulan Terbaik Nasional APRINDO, Selasa (30/11/2021).

Penyerahan Piagam Penghargaan dan Piala langsung diserahkan oleh Wakil Mentri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga didampingi Ketua Umum APRINDO Roy M Mandey, di Aeon Mall, Cakung, Jakarta Timur.

Penghargaan diberikan kepada dua UMKM Kota Bekasi untuk Kelas Kecil dan Menegah. Penghargaan diserahkan pada Penutupan Hari Ritel Nasional ke 2.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Benny Tunggul selaku Kabid Perdagangan TWUP4 Kota Bekasi, Toto Yulianto selaku Kabid Usaha Mikro dan Fasilitas UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bekasi, Arie Halimatussadiyyah selaku Kabid Industri Kecil Menengah, dan Sulastri Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan & Industri Kota Bekasi, dan Humas Kota Bekasi.

Adapun penerima penghargaan UMKM unggulan terbaik APRINDO 2021 UMKM Kelas Kecil yakni Siti Aisyah, dengan Produk Baby Healthy Food. Sedangkan untuk Kelas UMKM kelas menegah diraih Lala Gozali, Rumah & Kain Bajoe Gianti.

Hari Ritel Nasional ke 2 dan HUT APRINDO ke 27 menghadirkan Pameran Produk UMKM dari beberapa Daerah meliputi Kota Bekasi, DKI Jakarta, Tangerang, BUMN, Perusahaan Ritel, Kementerian Perdagangan Kementrian Koperasi dan UMKM RI.

Pameran berlangsung dari tanggal 11 hingga 30 November 2021. Kota Bekasi meraih Penghargaan stand terbaik dari seluruh peserta pameran. Terlihat dari Penataan Stand dan Penjualan tertinggi dari stand yang ikut serta.

Pada kesempatan, Jerry Sambuaga dan Roy M Mandey menyerahkan penghargaan stand terbaik kepada koordinator UMKM Kota Bekasi Stand, Ira Dyah Loka Mandani yang juga Ketua Olsamart Komunitas Digtal UMKM Kota Bekasi.

Jerry Sambuaga menghimbau pengusaha ritel mendorong pemasaran produk UMKM menjadi handalan produk dalam negri sebagai sarana memajukan Perekenomian bangsa dan UMKM yang lebih kompetitif, sebagai bukti wujud Gerakan mencintai Produk UMKM.

Dia juga memperagakan bahwa seluruh pakaian, sepatu dan jam tangan (outfit) yang digunakannya adalah Produk UMKM, bahkan saat bertugas di Amerika membeli produk UMKM pada sambutan Penutupan Hari Ritel Nasional.

“Selarasnya sesuai tema Hari Ritel Nasional ke 2, Ritel Tangguh, UMKM maju, Indonesia Bangkit,” papar Jerry

Sementara, dalam sambutannya Roy M Mandey menegaskan kebangkitan ritel haruslah meningkatkan daya saing Pasar dengan menggandeng UMKM memasuki Pasar Ritel. Ritel dan UMKM harus sama-sama bangkit dalam membangun Ekonomi Bangsa.

Karena, sambung Roy, pada tahun 2022 Indonesia akan menjadi tuan rumah asian pasifik retail assoiation yang dikuti 30 Negara, yang rencananya dilaksanakan di Bali.

Menurutnya, hal ini menjadi bukti pasar ritel Indonesia memiliki daya saing tinggi menjadi Peluang Startegis UMKM masuk Pasar Global.(**red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.