Pembawa Aspirasi Rakyat

Polres Tapanuli Utara SP3 Kasus Dugaan Gelar Palsu Bupati Nikson Nababan “Tidak Cukup Bukti.”

0 311

Kasat Reskrim Polres Tapanuli Utara AKP Jonser Banjarnahor (kanan) bersama Antoni Pakpahan (kiri) diruang kerja Kasat Reskrim Polres Taput.

 

Sumut,Pelitarakyat.co.id.Setelah berjalan lima bulan proses penyidikan dilakukan Unit Ekonomi Satuan Reskrim Polres Tapanuli Utara terbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) atas laporan Guru Besar Peternakan USU Prof. Yusuf Leonard Henuk terkait tuduhan penggunaan gelar palsu  kepada Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.

Sebelumnya surat laporan terbuka disampaikan pelapor ke Polres Tapanuli Utara tertanggal 26 April 2021 lalu, karena tidak cukup bukti akhirnya dinyatakan tidak bisa dilanjutkan dan akhirnya kepolisian terbitkan SP3.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres AKP. Jonser Banjarnahor  membenarkan penghentian penyidikan laporan Henuk setelah melakukan gelar perkara. “Rabu kemarin sudah dihentikan penyidikan melalui gelar perkara,” ungkap Jonser, Selasa (27/9/2021).

Dasar penyidik terbitnya SP3, selain tidak didukung alat bukti yang cukup, juga bukan merupakan tindak pidana.”Dalam menetapkan status ataupun menindaklanjuti laporan, penyidik tetap berhati-hati, pihak kami langsung turun ke kampus yakni Medan Area di Medan dan STPMD Yogyakarta,” ungkapnya.

Jonser mengatakan, di Kampus Medan Area terlapor Nikson Nababan pernah duduk kuliah disana dan terdaftar sebagai mahasiswa tahun 1991.

Selanjutnya, setahun kemudian setelah menyelesaikan sejumlah SKS selama setahun Nikson Nababan transfer ke STPMD pada tahun 1992 dan wisuda tahun 1995. “Jadi terlapor jika dihitung mulai dari Medan Area hingga STPMD menghabiskan masa kuliah 4,3 bulan. Dan kita juga meminta keterangan langsung serta pernyataan otoritas kampus bersangkutan,” tambahnya.

Atas dasar itulah, dikeluarkan SP3 atas laporan Henuk di Polres dialamatkan kepada Bupati Nikson Nababan.

“Ini kita telah dibuatkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) dan sudah kami kirim SP2HP kepada pelapor,” pungkasnya.(red-ril-jp).

Leave A Reply

Your email address will not be published.