Pembawa Aspirasi Rakyat

Warga Mulai Terima Bantuan Tunai Langsung Rp.300.000, Cek NIK Di Situs dtks.kemensos.go.id

0 119

Jakarta,pelitarakyat.co.id, Bantuan Sosial Tunai dengan nominal Rp 300.000 yang disalurkan melalui PT Pos selama 4 bulan (Januari- April 2021) sudah disalurkan. Bantuan nominal Rp 300.000 per bulan ini diberikan bagi setiap KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Target penerima untuk Bansos Tunai sebanyak 10 juta KPM dengan anggaran Rp12 triliun. Pada bulan Januari, bansos Tunai akan disalurkan anggaran sebesar Rp 3 triliun.

Bansos Tunai penyerahannya akan dilaksanakan PT Pos Indonesia, yang diantarkan ke tempat tinggal masing-masing bagi keluarga.

Pelaksanaan penyerahan Bansos tunai yang terpantau media ini di Rt 006 Rw 04 Kelurahan Cempaka Baru Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat, Sabtu 9/01/2021. Petugas PT Pos, Zayadi, didampingi Ketua RT 006 Urip Subagyo, menyambangi rumah warga KPM. “Setiap keluarga penerima harus menunjukan surat undangan, KK dan KTP asli untuk bukti serah terima” kata Urip. Katanya lagi, NIK yang digunakan tercantum di KTP dan terdaftar didata Kemensos.

Pengantaran ke rumah-rumah akhirnya dipusatkan di kantor Rt 006 Jakan Swadaya III. Hal ini disebabkan cuaca yang tidak bersahabat dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bansos tunai langsung ini diharapkan mampu meringankan keluarga penerima manfaat terutama dimasa pandemi Covid 19 sekarang ini.

Diketahui peluncuran bantuan tunai untuk PKH dan Program Sembako dilaksanakan Bank-Bank milik Negara (BRI, BNI, Mandiri, dan BTN) dan sudah diserahkan Presiden secara simbolik di Istana Negara, Selasa (5/1/2021) lalu.

Untuk mengetahui apakah Anda penerima bansos Rp 300.000 atau bukan, hanya perlu mengeceknya di situs dtks.kemensos.go.id.
Identitas yang digunakan adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Berikut langkah-langkah mengecek status penerima bansos Rp.300.000 :
1. Masuk ke situs dtks.kemensos.go.id
2. Pilih ID Kepesertaan DTKS
3. Ketik Nomor Kepesertaan dari ID
4. Ketik nama sesuai ID
5. Masukkan kode yang terlihat di samping           kotak
6. Klik cari untuk mencocokkan database             DTKS.(*/ton)

Leave A Reply

Your email address will not be published.