Pembawa Aspirasi Rakyat

PTSL Pondok Gede Bekasi Rampung 100 Persen Pemberkasan

0 363

BEKASI,pelitarakyat.co.id, Dua wilayah di Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi, Jawa Barat mengaku rampung 100 persen dalam  pemberkasan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2020 yang dilaksanakan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bekasi.

Menurut informasi yang dihimpun media ini ketika kunjungi Kantor BPN Kota Bekasi, 5 Kelurahan sudah rampung pemberkasan 100 persen dengan total 7500 bidang tanah yang diprogramkan di Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi.

“Untuk pemberkasan sudah 100 persen selesai, namun untuk pencetakan SHM baru 95 persen,”ungkap Ketua PTSL, Wilayah Kelurahan Jatibening dan Jati Bening Baru, Fauzi kepada pelitarakyat.co.id, Kamis (8/10).

Diketahui sebelumnya, PTSL untuk wilayah Kecamatan Pondok Gede mendapatkan program PTSL masing-masing sebanyak 3000 bidang untuk kelurahan Jatibening, 4500 bidang untuk Jatibening Baru, 1000 bidang untuk Jatiwaringin, 4500 bidang untuk Jaticempaka, dan 2000 bidang tanah untuk kelurahan Jatimakmur.

Berkurangnya pendataan yang dijalankan pada tahun 2020 dikarenakan adanya rasionalisasi anggaran yang ditentukan oleh BPN RI.

Fauzi mengatakan, tahun 2020 ini memang ada pengurangan pendataan program PTSL dari yang sebelumnya sudah diumumkan, dikarenakan ada rasionalisasi anggaran untuk Covid 19.

Kendati begitu, pada Tahun 2021 nanti akan dilanjutkan lagi wilayah yang sama dengan melakukan pendataan ulang PTSL, namun dengan jumlah yang belum ditentukan.

Untuk saat ini, sambung Fauzi, sertifikat hak milik (SHM) sudah jadi sekitar 95 persen, dan masih menunggu cetak sisanya. Dan untuk penyerahan SHM tersebut menunggu instruksi dari BPN RI.

Fauzi juga memaparkan, pada tahun 2020 untuk wilayah kelurahan Jatibening sudah rampung pemberkasan dari total 700 bidang tanah. Sedangkan untuk wilayah kelurahan Jatibening Baru mendapatkan 737 bidang tanah yang juga sudah rampung 100 persen pemberkasan.

“Kendala di dua wilayah ini hanya pemahaman masyarakat terkait proses sertifikat tanah, namun kita targetkan bulan Desember 2020 selesai,”tuturnya.

Sementara, Fransisco Rohanda Rebong, selaku Ketua PTSL di wilayah kelurahan Jatimakmur, Jaticempaka dan Jatiwaringin Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi memaparkan kendala di lapangan saat menjalankan tahap-tahap PTSL.

Dikatakan, di zaman serba digital dan online, kendalanya adalah pendataan C Desa masih menerapkan cara manual. Sedangkan menurutnya jika bisa memakai cara digital akan lebih cepat dan tepat.

“C Desa belum digital menjadi salah satu kendala, kalau sudah digital sudah pasti lebih cepat prosesnya,”ungkap Ciko sapaan akrabnya.

Untuk pemberkasan, Dirinya juga mengatakan sudah rampung 100 persen, tinggal tunggu instruksi penyerahannya saja.

Dijelaskan, wilayah Jatiwaringin dengan 180 bidang tanah sudah mencapai 100 persen pemberkasan. Begitu juga di wilayah jatimakmur sejumlah 2000 bidang, dan juga wilayah jaticempaka sebanyak 2883 bidang tanah.

“Semua proses berjalan lancar dan kondusif, semoga tahun depan program PTSL bisa lebih meningkat dalam hal pelayanan,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.