Pembawa Aspirasi Rakyat

Lulusan PKBM Haknya Sama Dengan Pendidikan Formal

0 113

Pelitarakyat.co.id Sukabumi – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Insan Cerdas yang beralamat di Jalan Goalpara, Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja diresmikan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami,  Sabtu (12/9/2020). Berdasarkan data yang ada, PKBM Insan Cerdas ini telah memiliki sekitar 32 pelajar yang merupakan santri dari Rumah Tahfidz Alquran.

Pada dasarnya Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami sangat  mengapresiasi kehadiran PKBM Insan Cerdas. Pasalnya, keberadaan PKBM dapat membantu pemerintah dalam capaian angka partisipasi pendidikan masyarakat.

“Kegiatan di PKBM ini sama dengan sekolah formal. Jadi, jangan sampai disia-siakan. Kehadiran PKBM harus menjawab persoalan pendidikan di tempat ini”, ujarnya.

Terlebih, PKBM Insan Cerdas ini menyingkronkan dengan rumah tahfidz, seehingga santri di tempat ini memiliki kesetaraan pendidikan.  “Jadi para santri mendapatkan ilmu agama juga ijazah kesetaraan”, ucapnya.

Selain itu, H. Marwan mendorong agar lifeskillnya pun dimunculkan,  agar anak-anak memiliki kemampuan tambahan.  “Peningkatan potensi, ide kreatif, dan gagasan harus bisa terus didorong”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan mengajak masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan, apalagi pandemi covid 19 belum usai.

“Mari terapkan protokol kesehatan,  mulai dari menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, dan mengkonsumsi makanan bergizi”,  bebernya.

Pembina Yayasan Syajaroh Toyyibah Hj Hestyana mengatakan, PKBM Insan Cerdas lahir dari kebutuhan para santri di Rumah Tahfidz Alquran di bawah binaannya. Terutama dalam pendidikan kesetaraan setingkat SMP dan SMA.

“Alhamdulillah PKBM Insan Cerdas sudah dapat izin operasional, sehingga bisa melaksanakan kegiatannya di sini”, terangnya.

Selain untuk kebutuhan para santri, PKBM ini pun terbuka bagi masyarakat yang ingin menyetarakan pendidikan. Diharapkan, keberadaan PKBM ini bisa mendorong peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Sukabumi.

“Bagi masyarakat yang tidak bisa belajar di sekolah formal, bisa masuk ke PKBM. Kami siap melayani masyarakat, mengingat sarana dan prasarana sudah terpenuhi. Mulai dari ruang belajar, pondok putra putri, hingga tempat beribadah”,  paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kabupaten Sukabumi Mohammad Solihin mengatakan, berdirinya PKBM ini bisa menambah layanan akses pendidikan kepada masyarakat. Apalagi PKBM merupakan satuan pendidikan yang sama dengan pendidikan formal.

“PKBM bisa menerima siswa usia pendidikan formal. Apabila telah lulus, haknya sama seperti di pendidikan formal”,  paparnya.

Selain itu menurut Kadisdik, PKBM pun bisa mengelola PAUD, program kesetaraan, hingga life skill.  “Setelah diresmikan, sah menjadi satuan pendidikan di bawah Disdik Kabupaten Sukabumi”, pungkasnya.

Sebelum meninjau ruangan PKBM Insan Cerdas.terlebih dahulu H. Marwan berdialog dengan masyarakat dan disambut antusias warga. (e_y4ni3)

Leave A Reply

Your email address will not be published.