Pembawa Aspirasi Rakyat

Pemdes Rejo Mulyo Kecamatan Pasir Sakti Selesaikan Pembangunan TPT Tahun 2024

0

LAMPUNG TIMUR,pelitarakyat.co.id – Pemerintah Desa Rejo Muluyo Kecamatan Pasir Sakti telah menyelesaikan pembangunan fisik perdana yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2024 pada awal kuartal kedua Tahun 2024.

Proyek fisik yang telah rampung dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Rejo Mulyo tersebut adalah pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) yang berlokasi di Dusun 05 Desa Rejo Mulyo . TPT atau yang biasa disebut masyarakat sebagai “Plengsengan/Pondasi” tersebut dibangun pada bidang tanah sepanjang 127 ×1 meter.

Pelaksanaan pembangunan TPT di Dusun 05 mulai dikerjakan pada tanggal 1 Agustus 2024 dan selesai pada tanggal 20 Agustus 2024.

Pembangunan fisik ini menggunakan anggaran Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp. 63.308.000,-.

Adapun tenaga kerja yang terlibat dalam pembangunan fisik TPT dusun 05 ini adalah masyarakat lokal Desa Rejo Mulyo –

Hal ini mengingat program Pemerintah Pusat yang bertajuk Padat Karya Tunai (PKT). Dalam program PKT tersebut Pemerintah Desa diwajibkan untuk memberdayakan masyarakat lokal dalam pembangunan fisik yang ada di Desa.

Tujuan dari dibangunnya TPT di dusun 05 ini adalah untuk memberikan kekuatan kepada tanah yang rawan longsor karena kontur tanah yang relatif tinggi dari bidang sekitarnya.

Disamping itu, dengan dibangunnya Tembok Penahan Tanah ini, jalan yang menuju ke areal persawahan ini menjadi lebih mudah dilewati kendaraan daripada sebelumnya.

Hal ini dikarenakan jalan menjadi lebih lebar dan rata sehingga kendaraan roda dua dan roda empat bisa leluasa untuk melewatinya.

Para petani yang setiap hari melewati jalan ini menjadi lebih mudah dalam mengangkut hasil panen dan pakan ternak, warga tidak harus bersusah payah lagi melewati jalan tersebut.

Akses menuju ke pemukiman desa Rejo Mulyo pun kini menjadi semakin mudah

Keđala Desa Rejo Mulyo, Santo Srigantoro berharap agar masyarakat nantinya turut memelihara talut penahan tanah yang telah di bangun ini.

Semoga talut penahan tanah ini bermanfaat bagi masyarakat Rejo Mulyo ”, harapnya.(Safaruddin)

Leave A Reply

Your email address will not be published.