Pembawa Aspirasi Rakyat

Kadisnakertrans Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap I APBN 2024

0

SUKABUMI,pelitarakyat.co.id – Di awal program kerja tahun ini, Disnakertrans Kabupaten Sukabumi melalui UPT BLK menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap I APBN Tahun Anggaran 2024. PBK tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, di Balai Latihan Kerja Jalan Raya Kadupugur Cicantayan, Selasa (20/02/2024).

Pembukaan PBK dihadiri perwakilan BBVPB Bandung, FKLPID kabupaten Sukabumi, unsur Disnakertrans serta tamu undangan lainnya.

Kepala Disnakertrans Usman Jaelani sangat mengapresiasi kegiatan PBK yang dinilai sangat mulia. Di samping dapat menyediakan tenaga kerja yang berkompeten, juga dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.

“Tujuan dilaksanakannya Pelatihan Berbasis Kompetensi ini yakni menyiapkan tenaga kerja yang kompeten, produktif, dan berdaya saing untuk memberikan kontribusi yang lebih besar pada pengembangan ekonomi yang berbasis pada kebutuhan pasar kerja yang makin dinamis dan berkembang”, paparnya.

Dia berharap agar seluruh peserta PBK dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh agar diperoleh hasil yang maksimal meskipun waktu yang dialokasikan sangat terbatas.

Sementara itu,Nita Kusuma Dewi selaku Kepala UPTD BLK Kabupaten Sukabumi usai pembukaan mengatakan kepada awak media, untuk dapat mengikuti PBK ini tiap peserta telah mengikuti berbagai tahapan. Mulai dari pendaftaran hingga seleksi dan kelulusan. Adapun pelaksanaan PBK itu sendiri dimulai dari tanggal 20 Februari hingga  17 April 2024 mendatang.

” Pelatihan Berbasis Kompetensi ini diikuti oleh 96 peserta, masing-masing kejuruan terdiri dari16 peserta untuk 6 kejuruan. Sementara itu 6 kejuruan tersebut meliputi pembuatan roti dan kue, pengoperasian mesin bubut,pengelolaan administrasi perkantoran, plate welder gmaw 3G-uP/PF, desainer grafis muda dan pemasangan instalasi otomasi listrik industri”, terangnya.

Nita menambahkan bahwa setiap peserta yang mengikuti pelatihan ini diharapkan menjadi calon tenaga kerja yang terampil dan dapat memasuki persaingan dunia kerja,  bahkan diharapkan dapat berwira usaha dengan membuka lapangan kerja sendiri. (e_y4ni3)

Leave A Reply

Your email address will not be published.