Pembawa Aspirasi Rakyat

Danlantamal I Hadiri Acara Dialog Sumut Menyapa Kupas Tuntas di TVRI Sumatera Utara

0

BELAWAN,pelitarakyat – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo menghadiri acara Dialog Sumut Menyapa dalam rangka menyambut HUT Ke-78 RI Tahun 2023, bertempat di Studio II TVRI, Jalan Putri Hijau, Medan, Sumatera Utara,Senin (14/8/2023).

Sebagai narasumber dalam acara tersebut yaitu, Danlantamal I, Pangdam I BB,Kapolda Sumut, dan Danlanud Soewondo Medan. Adapun Tema acara tersebut “Peringatan HUT Kemerdekaan Ke-78 RI Sebagai Implementasi Dari Pertahanan dan Keutuhan Negara dan Bangsa”.

Pada kegiatan tersebut, Danlantamal I menyampaikan bahwa Pertahanan Keamanan mempunyai tujuan utama yaitu untuk pembangunan dan pembangunan adalah untuk kesejahteraan masyarakat. Hubungan Lantamal I dengan Polri selama ini sudah terjalin dengan baik dan solid. Telah banyak kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar, baik yang sifatnya kegiatan penegakan hukum, pengawasan,pengamanan, maupun kegiatan sosial di masyarakat. Keberadaan TNI Angkatan Laut adalah untuk mendukung pembangunan di Sumatera Utara dengan tujuan untuk kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara.

Dalam undang-undang TNI Tugas pokok Tentara Nasional Indonesia adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara dan pasal 9 menyebutkan bahwa tugas Angkatan Laut yaitu melaksanakan tugas TNI matra laut di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi, melaksanakan tugas diplomasi Angkatan laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan oleh pemerintah, melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra laut serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

TNI Angkatan Laut memiliki Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang merupakan satu kesatuan antara KRI, Pangkalan, Pesawat Udara dan Pasukan Pendarat atau Marinir. Pengawasan dalam rangka penegakan kedaulatan dan keamanan Wilayah laut dilaksanakan oleh Armada dan Lantamal I terlibat di dalam operasi keamanan laut tersebut dan operasi ini dilaksanakan sepanjang tahun.

TNI Angkatan Laut selama ini juga telah menjalin kerjasama dalam pengamanan laut dengan negara tetangga seperti Operasi Patkor Malaysia-Indonesia (Malindo), Patkor India-Indonesia (Indindo), Patkor Thailand-Indonesia (Patkor Indo-Thai).

Mako Lantamal I yang berlokasi di Belawan harus ikut bertanggungjawab terkait keamanan di Belawan. Lantamal I memang tidak terlibat langsung dalam upaya Kamtibmas di wilayah Belawan, namun keberadaan Lantamal I membawa efek deterrence terhadap orang-orang yang berniat melakukan tindak kriminal. Lantamal I sering melaksanakan kerjasama dan koordinasi ketat dengan Polres Belawan dalam melaksanakan pengamanan di wilayah Belawan. Melalui kerjasama dan sinergitas dengan institusi penegak hukum di Belawan diharapkan situasi keamanan dan ketertiban di Belawan dapat berjalan kondusif.

Dalam Perayaan HUT ke-78 RI kali ini, Lantamal I akan melaksakan upacara dan perayaan di desa yang masih menjadi wilayah Sumatera Utara. Kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain bakti sosial, bakti kesehatan dan lomba-lomba serta melaksanakan upacara bendera mengajak bersama-sama merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia dimana kemerdekaan ini kita rebut bersama dengan rakyat sehingga mereka patut mendapatkan kegembiraan saat perayaan HUT Kemerdekaan.

Menyingung tentang tahun Pemilu, Danlantamal I menyampaikan dalam pesta demokrasi gunakan hak politik dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya serta yakinlah bahwa TNI netral, demikian tutup Danlantamal I kepada seluruh rakyat Sumatera Utara.

(Dispen Lantamal I/bs)

Leave A Reply

Your email address will not be published.