Pembawa Aspirasi Rakyat

Kerjasama dengan UNU Lampung, PC LP Ma’arif NU Lampung Timur Gelar Workshop Literasi-Numerasi

0

LAMTIM,pelitarakyat.co.id – Pengurus Cabang LP Ma’arif NU Lampung Timur adakan Workshop Literasi dan Numerasi tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif NU se-Lampung Timur bekerja sama dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung, Kemenag Kabupaten Lampung Timur dan Pemerintah Daerah Lampung Timur pada tanggal 08 sampai 09 Juli 2023 di Auditorium UNU Lampung. Peserta Workshop merupakan guru MI kelas bawah yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3.

Pada pembukaan kegiatan ini dihadiri Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo, Ketua PCNU Lampung Timur KH. Dardiri Ahmad, Rektor UNU Lampung H. M. Miftahudin, Kepala Kemenag Lampung Timur Indra Jaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Timur Marsan, Ketua PC LP Ma’arif NU Lampung Timur M. Nur Ihsan serta Ibu Yusbariah sebagai Ibunda Literasi Lampung Timur.

Dalam sambutan ketua LP Ma’arif NU Lampung Timur mengatakan, kegiatan ini di dasarkan pada komitmen terhadap terciptanya tenaga pendidik madrasah yang profesional, berkompeten dan mampu mencetak Generasi Emas, yang mampu memimpin bangsa 20 hingga 30 tahun mendatang. Ihsan mengambil langkah lebih awal untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru Madrasah Ibtidaiyah, yang informasinya di tahun 2024 juga akan diadakan pelatihan yang serupa oleh Kementerian Agama RI.

Dalam Kegiatan Workshop Literasi – Numerasi Ini, Ihsan menggandeng Universitas Nahdlatul Ulama, Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur. Dalam Hal ini UNU Lampung memberikan kontribusi yang sangat besar , hingga 80 % dengan memfasilitasi segala kebutuhan dalam pelatihan ini, dari fasilitas sarana ruang belajar yang nyaman, ruang istirahat peserta yang bersih,  menjadi kesan yang baik untuk para peserta.

Miftahudin,mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PC LP Ma’arif NU Lampung Timur yang sudah mempercayakan UNU Lampung untuk menjadi tempat pelatihan para guru MI Ma’arif NU Lampung Timur.

Selaku Rektor akan selalu mendukung program-program yang di rencanakan oleh PC LP Ma’arif NU Lampung Timur. UNU Lampung siap memfasilitasi segala bentuk kegiatan yang di selenggarakan oleh Nahdlatul Ulama dalam segala tingkatan. Miftahudin mengatakan UNU Lampung ini milik bersama, milik warga NU, “saya” hanya di amanahi untuk menjadi  pemimpin di kampus UNU.  dan meminta do’a kepada seluruh yang hadir, agar campus UNU Lampung ini akan menjadi lebih besar dan maju dengan kuantitas mahasiswa yang banyak,ujarnya.

UNU Lampung juga membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk guru yang belum sarjana dengan memberikan potongan UKT hingga 50%, dengan program ini, UNU Lampung berharap tenaga pengajar khususnya dibawah LP Ma’arif NU minimal harus sarjana guna meningkatkan kualitas SDM yang unggul. Selain untuk guru, UNU Lampung juga memberikan subsidi kepada pamong desa dan honorer pemerintahan yang berlum sarjana yaitu hanya membayar 25 Juta sudah sampai wisuda.

Kepala Kemenag Lampung Timur,dalam sambutannya dan sekaligus menyampaikan materi tentang moderasi beragama,sambutnya “Menjadi moderat bukan berarti menjadi lemah dalam beragama. Menjadi moderat bukan berarti cenderung terbuka dan mengarah kepada kebebasan. Keliru jika ada anggapan bahwa seseorang yang bersikap moderat dalam beragama berarti tidak memiliki militansi, tidak serius, atau tidak sungguh-sungguh, dalam mengamalkan ajaran agamanya.

Yusbariyah sebagai Bunda Literasi Kabupaten Lampung Timur mengatakan Kegiatan workshop ini sangat sejalan dengan  visi, misi dan Tujuan  Program Bunda Literasi lampung Timur. Yaitu konsentrasi pada program pengembangan budaya baca dan pembudayaan perpustakaan.

Pelatihan literasi dan numerasi ditujukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan mengeja serta memahami makna dari teks yang dibaca (literasi), serta dalam memahami dan menggunakan angka serta operasi matematika (numerasi). Saya sangat berharap dengan pelatihan Ini dapat meningkatkan dan menguatkan kapasitas dan kapabilitas pendidik di bidang keterampilan literasi dan numerasi.

Dan diharapkan dapat menghasilkan gambaran kegiatan dan program yang berisi miskonsepsi, konsepsi dasar, implementasi, dan praktik baik sebagai referensi guru lainnya dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di Kabupaten Lampung Timur. Khususnya di sekolah-sekolah.

Kegiatan Ini dibuka Bupati Lampung Timur,Dawam Rahardjo,yang juga menjadi wakil PCNU Kabupaten Lampung Timur mendampingi Gus Dar.(Safarudin)

Leave A Reply

Your email address will not be published.