Pembawa Aspirasi Rakyat

Ketua MA Resmikan PTSP dan E-LIT Pada PN Surabaya

Ketua MA : Inovasi yang dihasilkan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya merupakan bukti nyata keseriusan Mahkamah Agung dalam meningkatkan pelayanan bagi para pencari keadilan.

0

SURABAYA,pelitarakyat.co.id –  Mahkamah Agung dan seluruh Peradilan di Indonesia berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan. Hal ini dibuktikan dengan beragam cara, salah satunya yaitu dengan penciptaan ragam aplikasi yang memiliki tujuan untuk memudahkan para pencari keadilan.

Ketua Mahkamah Agung menyampaikan bahwa inovasi yang dihasilkan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya merupakan bukti nyata keseriusan Mahkamah Agung dalam meningkatkan pelayanan bagi para pencari keadilan.

Ucapan tersebut disampaikan Ketua Mahkamah Agung ketika meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan aplikasi Elektronik Pengumuman Kepailitan (E-Lit) Pengadilan Negeri Surabaya pada Senin pagi, 20 Februari 2023 di gedung Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur.

Ia menekankan bahwa hadirnya aplikasi berbasis IT ini, menandakan bahwa semangat inovasi di tubuh insan peradilan masih terus menyala.

“Kita semua menyadari, bahwa inovasi adalah kunci transformasi, inovasi adalah energi untuk menciptakan perubahan, dan inovasi adalah solusi untuk mengatasi permasalahan. Semoga kehadiran aplikasi ini semakin menciptakan iklim layanan yang prima bagi masyarakat pencari keadilan di kota Surabaya ini,” katanya

Aplikasi E-Lit diciptakan untuk masyarakat pencari keadilan agar semakin mudah untuk mendapatkan informasi melalui Pengumuman Putusan Pailit,  Pengumuman Pengakhiran PKPU, Pengumuman Lelang Eksekusi, Daftar Piutang Sementara, serta Daftar Pembagian Harta Pailit.

“Saya merasa bangga atas hadirnya aplikasi ini, dan berharap agar aplikasi seperti ini dapat pula dibangun di setiap Pengadilan Niaga,” harapnya.

Terkait PTSP, mantan Ketua Pengadilan Negeri Bandung itu mengatakan bahwa hal itu menentukan kualitas pelayanannya yang cepat, mudah, transparan, terukur, dan terjangkau bagi masyarakat pencari keadilan, mulai dari tahap awal sampai dengan tahap penyelesaian produk pelayanan pengadilan. Hal tersebut juga menjadi media pelayanan yang prima, akuntabel, serta bebas korupsi, kolusi dan nepotisme

Untuk itu, ia sangat bersyukur dan menyambut gembira, atas beroperasinya ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada Pengadilan Negeri Surabaya yang baru, setelah selesai direnovasi.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi, S.T., M.T.  yang juga hadir dalam acara tersebut menyatakan dalam sambutannya, bahwa ia bangga menjadi Walikota Surabaya, karena Pengadilan Negeri telah memberikan kebahagian bagi warga Surabaya melalui pelayanan yang sangat baik.

“Warga Surabaya semakin merasakan pelayanan di Pengadilan Negeri sangat luar biasa,” katanya yang disambut tepuk tangan hadirin.

Hadir pada acara peresmian ini yaitu jajaran Pimpinan Mahkamah Agung, Pejabat Eselon 1 dan 2 Mahkamah Agung, Kepala Kejaksaan Negeri Surabaya, serta undangan lainnya (Humas MA/puji/bs*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.