Pembawa Aspirasi Rakyat

KELURAHAN BABAKAN KOTA SUKABUMI DEKLARASIKAN ODF. Terbebas Dari Perilaku Buang Air Besar Sembarangan

0

KOTA SUKABUMI,pelitarakyat.co.id – Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi merupakan salah satu kelurahan yang mendeklarasikan ODF (Open Defecation Free) atau terbebas dari perilaku buang air besar sembarangan, pada 7 Desember 2022 lalu di Balai Kota.

Sebagai salah satu bentuk penegasan serta komitmen seluruh pemangku kepentingan di Kelurahan Babakan untuk mewujudkan dan mempertahankan ODF, dilakukan pula deklarasi tingkat kelurahan pada 16 Desember 2022 lalu.

Lurah Babakan, Burhanudin, yang ditemui seusai deklarasi tersebut menyatakan, bahwa dalam upaya mewujudkan ODF telah dibangun fasilitas sanitasi masyarakat yakni septic tank komunal di RW 06 yang dapat digunakan oleh 50 unit rumah. Selain itu Dinas Kesehatan pun telah membangun fasilitas serupa di 12 lokasi lainnya di Kelurahan Babakan.

Kedepannya pembangunan septic tank komunal akan dilakukan pula di RW 03 untuk 12 unit rumah warga. Ia menambahkan warga pun antusias untuk mewujudkan ODF, karena usulan pembangunan septic tank komunal diajukan pula oleh RW lainnya. (Alam S./Sukamto)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.