Pembawa Aspirasi Rakyat

Hadapi Ujian Tengah Semester, Kepala Sekolah Ini Sampaikan Pesan ke Seluruh Siswa

0 54
Foto: Istimewa

BEKASI,pelitarakyat.co.id, Menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) ganjil tahun 2022, Kepala sekolah SMKN1 Cikarang Pusat Haryono Suhendro, melalui saluran video yang dibagikannya pada Sabtu 17 September 2022 lalu menyampaikan beberapa pesan dan motivasi ke seluruh siswa sekolahnya.

Dalam video yang berdurasi satu jam lebih tersebut, Haryono meminta agar seluruh siswa sekolah yang beralamat di Jalan Raya Pasirranji ini,  dari kelas sepuluh (10) hingga kelas duabelas (12) mempedomani sikap jujur, tanggung jawab dan kesatria selama mengikuti ujian yang akan dimulai pada 19 September 2022 . ”Tidak ada praktik curang, seperti mencontek dari buku atau membuat dan membawa catatan-catatan kecil. Upayakan menjawab dan mengerjakan soal dengan sebaik mungkin” pesan Haryono Suhendro.

Foto: Istimewa

Dia  mengingatkan, prestasi yang diukir harus dihasilkan murni dari perilaku jujur dan benar. Haryono juga menggaris bawahi, bahwa bangsa Indonesia membutuhkan pemimpin-pemimpin jujur dan berahklak, dimana harapan itu ada pada generasi muda sekarang ini. Sebab itu Suhendro berhasrat memulainya dari sekolah yang dipimpinnya SMKN 1 Cikarang Pusat. “Insyah Allah, SMKN 1 Cikarang Pusat akan bisa menciptakan generasi jujur dan benar” kata Haryono Suhendro.

Selain menyampaikan pesan ke seluruh siswa sekolah, Haryono meminta kepada Wakil Kepala Sekolah, Kaprodi, Wali Kelas dan Tata Usaha untuk tidak menghalangi siswa mengikuti ujian. Baginya, mengikuti ujian merupakan hak siswa, dan harus menjadi prioritas pertama. “Kita tidak boleh menghalang-halangi siswa dengan alasan apa pun, hak siswa adalah mengikuti seluruh proses belajar mengajar, bahkan evaluasi pendidikan yang ada di sekolah kita, termasuk hak untuk mengikuti ujian tengah semester”  tegas Haryono dalam video tersebut.

Foto: Istimewa

Poin penting lain yang menjadi perhatian dalam video tersebut, Haryono menghimbau agar pihak sekolah tidak mengaitkan partisipasi siswa mengikuti ujian dengan sumbangan sukarela orangtua siswa. Tidak ada unsur paksaan pihak sekolah akan sumbangan sukarela orangtua siswa, namun pihaknya selalu menghargai segala niat baik dari mana pun untuk memberikan sumbangsihnya ke sekolahnya.

Pada pelaksanaan ujian yang dimulai 19 September 2022 tersebut, Kepala Sekolah SMKN 1 Cikarang Pusat ini yakin seluruh Wali Kelas sekolahnya akan bertanggung jawab seluruh siswa akan mengikuti ujian tanpa hambatan. “Saya pastikan wali kelas bertanggung jawab untuk seluruh siswa agar mengikuti ujian dengan baik” ujar Haryono.

Ketika dihubungi melalui sambungan selulernya, kepada media ini Haryono Suhendro menyampaikan bahwa proses ujian tengah semester yang sedang berlangsung tidak ada mengalami hambatan, termasuk kepatuhan seluruh siswa terhadap pesan dalam videonya agar tetap mempedomani perilaku baik dan jujur selama ujian.(Rempina/Red-Tony)

Editor : Tony Simanjuntak

Leave A Reply

Your email address will not be published.