Pembawa Aspirasi Rakyat

Kepala sekolah SMKN 1 CIKARANG PUSAT : Sekolah Harus Tanamkan Azas Kebenaran Guna Hasilkan Siswa Berperilaku Jujur Bersih

0 176

Cikarang,pelitarakyat.co.id. Kepala Sekolah SMKN 1 Cikarang Pusat, Haryono Suhendro, Senin (14/03/2022) minggu lalu, menyampaikan pidato perdananya setelah dua bulan diangkat menjadi pimpinan tertinggi di sekolah tersebut. Dalam sambutannya, Haryono Suhendro mengajak para guru dan pegawai sekolah berkomitmen menaikkan citra lembaga pendidikan SMKN 1 Cikarang Pusat. Suhendro menekankan bahwa menerapkan pola hidup jujur dan benar menjadi prinsip yang harus diterapkan di seluruh komponen sekolah.

“Agar generasi ke depan dapat memahami dan mengembangkan arti kejujuran itu sendiri. Pola dan manfaat hidup jujur harus ditanamkan kepada mereka” kata Haryono Suhendro. Dia juga menggarisbawahi, bahwa salah satu tujuan pendidikan menurut perundangan yakni bagaimana merubah sikap dan pola pikir. Sikap dan berpola pikir jujur harus jadi bagian pembelajaran di SMKN 1 Cikarang yang baru dia pimpin.

“Yang paling utama adalah merubah tingkah laku, ketika ada yang salah, kita semua jangan alergi saling mengingatkan. Itu untuk menghindari agar kita tidak melakukan kesalahan. Walaupun menyakitkan dan menjadikan kita tidak suka, kebenaran itu wajib kita lakukan ” ucapnya penuh semangat. Ditegaskannya, urusan mencetak generasi bangsa tidak terlepas dari tata kelola lembaga atau sekolahnya. Menurutnya, kedua hal tersebut sangat bersinergis, karena untuk mencetak generasi bangsa yang benar maka lembaganya juga harus di kelola dengan benar.

Disisi lain, Haryono Suhendro berpendapat, guna menghasilkan generasi hebat dan amanah tidak lepas dari pola kepemimpinan. Pimpinan sekolah yang benar akan menghasilkan sekolah yang baik dan benar. “Kepala Sekolah harus “Lead by Example” atau memimpin dengan contoh yang baik” tegasnya. Dalam arti lain, Haryono Suhendro menyatakan bahwa kunci kesuksesan suatu lembaga pendidikan ada pada kepala selolahnya.

Disampaikan Haryono juga, ada uang negara di sekolah, ada bantuan pemerintah di sekolah dalam bentuk dana BOS. Dibutuhkan Kepala Sekolah yang mumpuni mengelola uang dan dana bantuan tersebut bagi kepentingan tujuan pendidikan yang berkualitas. Kepala sekolah tidak boleh korupsi, itu prinsip pegangan Haryono.

Sebab itu dia menekankan, ketika Kepala Sekolah punya prinsip dan komitmen mengawal sekolah dalam konteks kebenaran, maka semua warga sekolah harus turut dan taat. Kebenaran tegas Suhendro, harus ditegakkan dan dibela. “Guru harus berlaku benar, pegawai harus benar dan siswapun harus benar harus menjadi teladan bagi siswa lain ” lanjut Haryono Suhendro.

Di akhir pidatonya Ia menyampaikan, sekolah akan menjadi sekolah yang bagus jika Kepala Sekolah, para guru, para pegawai dan para siswa berkomitmen mengusung kebenaran dalam prroses pendidikan. Kepala sekolah baru ini pun memotivasi, kelak siswa siswi SMKN 1 Cikarang Pusat, akan ada yang jadi mentri, jadi Gubernur, jadi Bupati, Walikota dan Petinggi Negara lainnya. ” Kita sedang merindukan pemimpin yang benar, yang kokoh, dan selalu mengusung dan menjunjung kebenaran” tegasnya.(Repina/*red-Tony)

Leave A Reply

Your email address will not be published.