Pembawa Aspirasi Rakyat

Hujan Lebat Disertai Petir Dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi Di Lebak Banten, BPBD Peringatkan Agar Warga Tetap Waspada

0 377

Lebak-pelitarakyat.co.id, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, mengeluarkan peringatan cuaca buruk, hujan lebat disertai angin kencang kepada masyarakat di wilayahnya. Dalam imbauannya, Kepala Pelaksana BPBD Lebak Pebby Rizky Pratama, meminta masyarakat mewaspadai hujan petir dan angin kencang pada 23 Mei 2021.

“Peringatan itu untuk mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa,” kata Pebby di Lebak. Diketahui, cuaca buruk dapat menyebabkan bencana alam, seperti banjir, sambaran petir, angin kencang, hingga longsor.

Kabupaten Lebak termasuk kategori daerah rawan bencana alam karena geography alamnya berada di daerah aliran sungai dan ada pula yang berada di pegunungan, perbukitan dan pesisir pantai.

Beberapa hari terakhir ini, cuaca buruk telah menerpa Kabupaten Lebak namun belum ada laporan kejadian bencana alam.
BPBD Lebak sudah meminta relawan kecamatan dan relawan desa agar siaga mengantisipasi bencana akibat cuaca buruk itu. “Kami minta warga tetap waspada, terutama pemukiman di lokasi rawan bencana,” ujarnya.

Berdasarkan laporan cuaca BMKG, Kabupaten Lebak berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Cuaca buruk itu berpotensi terjadi pada sore hari sekitar pukul 16.00 hingga pukul 17.00.

“Kami minta warga yang berada di lokasi rawan bencana jika hujan lebat berlangsung lebih dari tiga jam, sebaiknya mengungsi ke tempat yang lebih aman,” tambah Pebby. Cuaca buruk hujan lebat disertai petir itu berpeluang terjadi di 28 kecamatan di Lebak, di antaranya Kecamatan Rangkasbitung, Malingping, Kalanganyar, Panggarangan, Bayah dan Cibadak. Berikutnya kecamatan Cipanas, Cimarga, Leuwidamar, Sajira, Bojongmanik,
Muncang, Gunungkencana, Cirinten, Cikulur, Cibeber, Cigemblong, Cijaku, Sobang, Lebakgedong, dan Cihara. (Azis Nawawi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.