Pembawa Aspirasi Rakyat

Fenomena Ribuan Ekor Ikan Terdampar di Pantai Pelabuhan Laut Lewoleba NTT

0 142

Warga Kota Lewoleba sedang memungut ribuan ekor ikan kecil yang muncul di pesisir pantai pelabuhan Lewoleba, Kamis (3/12/2020) malam.

LEMBATA-Erupsi gunung api Ile Lewotolok belum usai, publik Lembata kembali dihebohkan dengan munculnya sebuah fenomena alam yang terjadi di pesisir pantai Lewoleba.

Fenomen alam yang ditandai dengan munculnya ikan-ikan kecil di sepanjang bibir pantai pelabuhan laut Lewoleba itu memantik beragam komentar masyarakat kota Lewoleba.

Kejadian yang terjadi, Kamis (3/12/2020) sekitar pukul 22.25 WITA tersebut, sekejap viral dari postingan video salah satu akun facebook milik Buran Arsitektur Buran di grup facebook Bicara Lembata New.
Dalam video berdurasi kurang dari 10 menit tersebut, tampak banyak sekali masyarakat sedang berupaya mengambil ikan menggunakan ember dan alat lainnya.
Selain menggunakan ember, warga juga menggunakan tangannya untuk mengambil dan bahkan menangkap ikan-ikan kecil tersebut secara manual tanpa bantuan alat tangkap yang modern.

Salah satu warga Kelurahan Wangatoa,Kota Lewoleba, Hironimus Rate, Kamis (3/12/2020) menjelaskan bahwa, hal ini lumrah dan hampir terjadi setiap tahun.

“Kami anggap biasa, pasalnya orang Lewoleba sering menyebutnya dengan Temi Bogor yang artinya ikan temi (tembang minyak) naik ke darat,” terangnya.

Selain itu dia juga mengatakan, kejadian Temi Bogor ini memberi banyak manfaat, salah satunya warga bisa mendapat ikan gratis tanpa harus membeli.

Lebih jauh, alumni UNDANA jurusan perikanan ini menyebutkan bahwa fenomena ini juga terjadi karena adanya erupsi gunung Ile Lewotolok. “Dari aktifitas erupsi itu, kemungkinan membuat lapisan air di dalam laut menjadi panas dan kurang oksigen, akibatnya ikan-ikan bermigrasi ke permukaan laut mencari lapisan air yg lebih dingin yang mengandung cukup kadar oksigen. Pokoknya ini kode alam,” ungkap Hironimus Rate.

*sumber : Kumparan News

 

·

Leave A Reply

Your email address will not be published.