Pembawa Aspirasi Rakyat

Banjir Landa Tebingtinggi Sumatera Utara

0 124

Tebingtinggi,pelitarakyat.co.id, Kota Tebingtinggi Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (28/11/2020) pagi kembali digenangi banjir.

Informasi  sebelumnya Jumat (27/11/2020) malam, jika banjir susulan akan kembali menggenangi Kota Tebingtinggi.
Pantauan media, banjir susulan kembali meluap di seputar aliran Sungai Padang.
Informasi yang diperoleh, banjir ini merupakan kiriman  dari sungai yang berhulu di Kabupaten Simalungun tersebut.

Selain menggenangi perumahan warga yang berada di bantaran sungai, ternyata tingginya debit air  juga meluap ke beberapa jalan utama Kota Tebingtinggi.
Banjir hingga ketinggian 2 meter terjadi di Kampung Semut, Kelurahan Bandar Utama, Kecamatan Tebingtinggi Kota, Kota Tebingtinggi. Air Sungai Padang meluap dan membanjiri kawasan ini, Jumat (27/11/2020).

Hasil pantauan, Jalan Jenderal  Sudirman yang merupakan jalan utama dan jalur lintas utama dari Kota Siantar menuju Kota Medan digenangi air.  Salah seorang personil anggota polsek Rambutan Kota Tebingtinggi mengatakan air menang sudah terlihat menggenangi akses utama jalan nasional ini.
Dia mengatakan, di beberapa titik pihaknya juga sudah memberlakukan penutupan jalan agar pengendara tidak terjebak banjir.
“Sudah banyak jalan utama yang tergenang, makin naik airnya. Tadi juga di beberapa tempat sudah ditutup karena tingginya air” ujarnya.

Banjir susulan ini ketinggian air diperkirakan hampir satu meter.
Bahkan, di beberapa wilayah yang berdekatan dengan bantaran sungai  air diperkirakan sudah mencapai hampir dua meter.

Bencana banjir ini, mengakibatkan akses  utama dari Kota Medan menuju Pematangsiantar atau sebaliknya, lumpuh total. Selain itu, beberapa akses jalan lainnya juga terpaksa ditutup akibat tingginya genangan air.(*/ton)

Leave A Reply

Your email address will not be published.