Pembawa Aspirasi Rakyat

HANYA STRATEGI KOMUNIKASI SOLUSI ATASI COVID-19 TANPA EFEK SAMPING

0 145

Jakarta,pelitarakyat.co.id, Di tengah belum ditemukan vaksin yang aman dan ampuh oleh para ilmuan di bidangnya di seluruh dunia mencegah Covid-19, maka yang paling ampuh “melawan” Covid-19 hanya tindakan Strategi Komunikasi yang mampu membangun kesadaran kolektif, sikap sejalan dan perilaku bersama mengadopsi semua protokol kesehatan penanganan Covid-19 dengan disiplin. Demikian Komunikolog Indonesia Emrus Sihombing, dalam opini malam yang dibagikannya ke media ini.

Dia mengatakan bahwa dengan kesadaran, sikap dan perilaku tersebut, manusia pasti dapat terhindar dari Covid-19. Sebab, penyebaran virus ini dari manusia ke manusia lain. Lagi pula, bukankah virus ini tidak lama bertahan di luar tubuh manusia? “Jadi, Covid-19 akan mati dengan sendirinya di luar tubuh manusia” ungkap Emrus.

Lanjut dia lagi, dengan Strategi Komunikasi dialogis, terbuka, kesetaraan dan terukur, maka dipastikan Covid-19 akan teratasi dengan baik tanpa menimbulkan efek samping dari aspek sosial ekonomi apalagi kesehatan.

“Untuk itu, yang paling tepat merancang dan mengoperasikan Strategi Komunikasi tersebut harus para komunikolog yang mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dan teori komunikasi yang mumpuni serta memiliki pengalaman profesional bidang komunikasi yang sudah teruji di ruang publik” terang Emrus.

Emrus menyarankan kepada Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota di seluruh Indonesia agar segera “memanggil” para komunikolog untuk terlibat langsung menangani Covid-19, yang selama ini belum ada tanda-tanda akan berakhir.(red-Ton)

Leave A Reply

Your email address will not be published.