Pembawa Aspirasi Rakyat

Desa Sungku Berbenah Menuju Desa Yang Amanah,Bersih,Adil,Berbudaya Dan Berdaya Saing

0

Kepala Desa Sungku,Aser bersama perangkat desa menyerahkan BLT kepada warga

SIGI,pelitarakyat.co.id – Pemerintah Desa Sungku dan masyarakat berterimakasih kepada pemerintah atas adanya bantuan-bantuan seperti bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah kepada masyarakat yang boleh membawa peningkatan kesejahteraan, kesehatan ditengah tengah masyarakat kami.

“Karena kami tahu,kami hanyalah perpanjangan tangan dari pemerintah”,ujar Aser sebagai Kepala Desa Sungku kepada Pelita RAKYAT.

Desa Sungku yang terletak di kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi,Provinsi Sulawesi Tengah  juga sebagai penerima manfaat seperti bibit ikan untuk 40 RT,penerima bibit durian montong untuk 108 KK,penerimaan bantuan pendidikan 6 orang, untuk orang sakit dan juga dibidang sosial seperti kegiatan duka, ungkap  Aser yang telah memangku jabatan sebagai Kepala Desa Sungku kurang lebih 1 Tahun 9 bulan.

Hal tersebut dikatakannya sesuai Visi Desa Sungku yaitu, “Mewujudkan Percepatan,Menata,Melayani dan Membangun Bersama Untuk Mewujudkan Desa Sungku Yang Amanah,Bersih,Adil,Berbudaya dan Berdaya Saing”.

Dan juga Misi Desa Sungku 1).Dibidang Pemerintah : a. Pelayanan gratis terhadap masyarakat; b. Perimbangan para gender; c. Bekerjasama antar kelembagaan; d. Melaksanakan birokrasi dalam pelayanan; e. Pemberian bedah rumah dan rehab rumah; f. Pembangunan yang bersifat tuntas; g. Pengangkatan aparatur desa sesuai kebutuhan; h. Pembangunan kantor desa; i. Menjaga keutuhan wilayah desa (tapal batas).

2).Dibidang Kesehatan : a. Alat transportasi kesehatan (Ambilance Desa); b. Meningkatkan fasilitas kesehatan poskesdes,polindes dan posyandu; c. Pemberian topangan (uang tunai) yang rawat inap; d.Pemberian makanan tambahan (balita).

Kades Sungku dalam mewujutkan mimpinya membangun desa Sungku, mencari terobosan-terobosan seperti melakukan peningkatan gotong royong, 2 kali setiap bulannya.

Untuk menindak lanjuti komitmen warga desa  2 Sungku, dimana ada satu RT yang dipengunungan selama 119 tahun balum bisa dilalui mobil dan ini yang menjadi prioritas untuk bisa tembus roda 4 (mobil) ke perumahan warga agar dapat dilayani dari berbagai hal.

Hal tersebut menjadi tujuan kades Sungku dengan melakukan gotong royong di tahun 2024 dan juga dibantu dengan dana desa tahun 2025. Yang harapannya di Tahun 2025 RT Pape sudah bisa dilalui kendaraan roda 4

Selanjutnya dalam menggali potensi desa dengan mengembangkan potensi alam yang ada di desa Sungku. Seperti pemancingan yang baru diresmikan menjadi suatu aikon agro wisata desa Sungku yang mempuyai kolam pemancingan ukururan 25m x 25m dengan kedalaman 7 meter yang telah dikembangkan sekarang dan kedepan bisa berhasil atas dukungan masyarakat dan pemerintah.

Kades Sungku pada setiap Jumat selalu membimbing Kelompok Wanita Tani. (KWT)  Desa Sungku bersama ketua PKK Desa Sungku, LPM desa Sungku .

Kades Sungku mengusahakan hal ini untuk menjadi badan usaha KWT Desa Sungku, guna meningkatkan ekonomi masyarakat. Selanjutnya akan ada pemula yang dibimbing untuk melanjutkan kegiatan ini.Harapanya untuk difasilitasi pemasaranya, didukung dalam permodalan oleh pemerintah desa.

Pembuatan Belanga Tanah,asbak rokok,tungku masak, pot bunga sebagai usaha UMKM yang wujud dari memberdayakan perempuan sebagai Pengrajin.

Kepala Desa Sungku,Aser juga mengatakan bahwa jumlah penduduk atau kepala keluarga yang berdiam di Desa Sungku sebanyak 420 Kepala Keluarga dan memiliki rumah ibadah gereja 11 dan 1 mushollah, 2 unit Sekolah Dasar (SD), 1 Sekolah Menegah Pertama (SMP),aktifitas 85 persen penduduknya sebagai petani.

Khusus dipesankan kepada masayarakat Desa Sungku agar menghindarai Narkoba,hal ini wajib disampaikan kepada keluarga,khusunya anak-anak untuk menjauhinya. Jikalau ada masyarakat yang bermasalah dengan narkoba,maka jelas hal tersebut tidak akan kita beri bantuan. Dan juga jauhi minuman keras.

Harapan kita Desa Sungku akan kita upayakan sebagai desa rohani sesuai dengan jumlah gereja yang ada,tentu akan membawa buah yang baik untuk kehidupan masyarakat desa Sungku.

Kegiatan PKK setiap hari Jumat membersihkan halaman rumah, dan  tahun 2025 diharapkan Pemdes akan mengadakan pengadaan motor angkutan sampah untuk 4 RT. Demikian keterangan Aser Kepala Desa Sungku kepada media.(Djony Salumpana)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.