Pembawa Aspirasi Rakyat

PPPSI Inisiasi Pulang Kampung Bersama

0

JAKARTA,pelitarakyat.co.id – Keluarga Besar Persatuan Perantau Pagarlambung Seluruh Indonesia (PPPSI) pulang kampung bersama ke kampung halaman (Bonapasogit) Pagarlambung tepatnya di Kelurahan Sosorgadong Kecamatan Pasaribu Dolok Kabupaten Tapanuli Tengah.

Pulang kampung merupakan salah satu fenomena yang terjadi dan sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Para perantau biasanya akan kembali ke kampung halaman yang berasal dari pulau Jawa, Sumatera, hingga Ujung Timur Papua.

Fenomena ini biasa terjadi pada saat libur panjang, seperti lebaran, natal, dan juga tahun baru. Kumpul dengan keluarga besar, silaturahmi dengan tetangga atau teman semasa kecil adalah ritual yang indah yang hanya bisa dilakukan minimal satu tahun sekali, jika kampung halaman berjarak cukup jauh

Persatuan Perantau Pagarlambung Seluruh Indonesia (PPPSI) melakukan terobosan dengan acara pulang kampung bersama PPPSI ke Bonapasogit Pagarlambung

PPPSI akan melakukan berbagai kegiatan di kampung halaman dan disana nanti akan meberikan bantuan diantaranya pemberian kipas angin tembok ke Gereja HKBP Pagarlambung Resort Pasaribu Dolok dan Gereja Methodis Indonesia yang terletak di Tengah-tengah Kampung Halaman Pagarlambung.

Dan PPPSI juga mendirikan penerangan jalan (lampu jalan) kurang lebih 15 Unit dengan bertujuan memajukan kesejahteraan masyarakat secara umum. Dan juga sebelumnya PPPSI sudah hadir melakukan penanaman Bunga sekitar jalan raya Pagarlambung dan kebersihan, serta peduli lingkungan hidup di tengah-tengah masyarakat Pagarlambung,ungkap Sekretaris Jenderal  PPPSI, Budiarman Hutabarat kepada Pelita RAKYAT Group.

Ditempat terpisah Pelita RAKYAT Group menyambangi sekretariat PPPSI untuk bertemu Ketua Umum PPPSI, St.Mangasa Sitohang.

Dalam bincang-bincang,Ketum PPPSI,St.Mangasa Sitohang menjelaskan perihal PPPSI,dimana PPPSI adalah wadah persatuan anak rantau diseluruh Indonesia yang asal lahir anggota dan asal leluhur anggota bersumber dari salah satu desa Pagarlambung.

Pagarlambung adalah salah satu desa yang dahulu sebelum saat ini berubah menjadi Kelurahan Sosorgadong. Tetapi nama Pagarlambung sampai saat ini masih dipakai Masyarakat dan di akui karena merupakan nama desa ciptaan Leluhur,ungkapnya.

Ketika ditanya latar belakang terbentuknya PPPSI, dengan santai St. Mangasa Sitohang mengatakan,bahwa terciptanya organinisasi PPPSI tidak lepas dari Pemikiran yang Bersatu Sesama Anak Rantau.

Sebagai pendiri utama organisasi PPPSI ini ada beberapa orang,diantaranya saya sendiri St.Mangasa Sitohang, Budiarman Hutabarat, Marganda Sihombing, Parluhutan Sitohang, Bangun Marbun dan Gunawan Simarmata. Yang semuanya menjadi terdepan penggerak organisasi sampai saat ini,ujarnya.

Pendirian organisasi PPPSI dimulai sekitar bulan April 2021 dan saat itu masih berjalan secara spontanitas menjalankan sosial di bidang Duka Cita.

Pada bulan Oktober 2021 t epatnya tanggal 10 Oktober 2021 PPPSI diresmikan menjadi organisasi oleh saya sebagai Ketua Umum PPPSI di kantor sekretariat PPPSI Jl.Masjid Al-Ikhsan No.69 Rt.002 Rw.003 Jatibening Pondok Gede Bekasi.

PPPSI Berpedoman kepada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dan didaftar ke Notaris dengan SK.Menteri Hukum dan HAM  RI Tanggal 11 Mei 2012. Nomor : AHU-251.AH.02 01 TAHUN 2012 untuk di akui secara hukum di negara Republik Indonesia atau berbadan hukum,imbuh Ketum PPPSI,Mangasa Sitohang menyudahi bincang-bincangnya.

Sekretaris Jenderal  PPPSI kepada Pelita RAKYAT Group menjelaskan,bahwa PPPSI bergerak di bidang sosial duka cita meninggal dunia dan keseriusan membenahi/membangun (Keindahan,kesejahteraan dan SDM) untuk kemajuan kampung halapan Pagarlambung Kel.Sosorgadong Kec.Sosorgadong Kab.Tapanuli Tengah Sumatera Utara.

Tercatat hingga saat ini PPPSI sudah melayani 49 kali penyaluran tali kasih (Sosial) baik ke sesama anggota dan warga masyarakat pagarlambung.

PPPSI beranggotakan 270 KK yang berdomisili di seluruh indonesia bahkan luar negeri. Saat ini organisasi PPPSI selalu merancang masa depan utk lebih meningkatkan ke eratan sesama anggota dan pengembangan  organisasi PPPSI.

Pada bulan Desember 2023 tepatnya tanggal 30 Desember 2023. PPPSI melaksanakan pulang kampung bersama ke bonapasogit (Tanah kelahiran asal) Pagarlambung. Semua anak rantau berdasarkan ke anggotaan terdaftar, bersatu padu saling bergandeng tangan untuk melangkah bersama-sama hadir di tanah kelahiran Pagarlambung untuk tujuan Menunjukkan secara nyata keberadaan organisasi PPPSI kepada masyarakat Pagarlambung; Membuktikan keseriusan PPPSI untuk bergandeng tangan dengan masyarakat untuk membuat suatu kemajuan di tanah lahir Pagarlambung; Mengharapkan pemerintah setempat, tokoh, pemuka agama, penitua-penitua dan seluruh masyarakat Pagarlambung mau duduk bersama dengan anak rantau (PPPSI) untuk mencapai satu tujuan bersama membangun Bona pasogit Pagarlambung. Mengharapkan kedepan melangkah bersama dalam hal mempersatukan talikasih dan adat istiadat.

“Atas dasar tujuan tersebut PPPSI dan warga masyarakat Pagarlambung akan Berdoa bersama untuk menyerahkan semua kesepakatan tersebut kepada Tuhan Yang Maha Esa,”ujar Sekretaris Jenderal  PPPSI, Budiarman Hutabarat kepada Pelita RAKYAT Group.(01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.