Pembawa Aspirasi Rakyat

Desa Nabang Baru Gelar Acara Ruatan Dan Sedekah Desa Tahun 2024

0

LAMTIM,pelitarakyat.co.id – Ruwat desa merupakan tradisi turun-temurun dari nenek moyang kita. Tradisi itu sebagai wujud rasa syukur seluruh warga atas limpahan rejeki yang diberikan oleh Tuhan YME, dan do’a agar segala hal buruk dijauhkan dari desa ini dan berharap agar masyarakat desa tersebut dapat hidup makmur, damai, aman dan tentram.

Desa Nabang Baru adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur,Provinsi Lampung mengadakan Ruwatan di tahun 2024 pada tanggal 26 Juli. SerangkaIan acara ruatan dan sedekah desa Nabang Baru yang digelar di tahun 2024 ini antara lain : 1. Ritual sedekahan atau berdo’a bersama tokoh-tokoh masyarakat di malam Jumat  25 Juli 2024; 2. Acara tabur bunga di tiga  titik makam nabang baru untuk mendoakan leluhur; 3. Menampilkan wayang kulit semalam suntuk

Acara dihadiri camat Marga Tigaan,Babin Kamtibmas,Babinsa,kepala UPTD Puskesmas dan tokoh tokoh masyarakat dan diramaikan masyarakat desa Nabang Baru

Kepala Desa Nabang Baru,Sucipto,S.Ag menyampaikan ucapan alhamdulillah atas terleksananya acara, ini berkat kerjasama perangkat desa dan tokoh tokoh masyarakat beserta pemuda Nabang Baru Kecamatan Marga Tiga.

Semoga dengan telah dilaksanakan acara ini masyarakat  dijauhkan dari hal-hal buruk dan diberikan kemakmuran,aman,damai dan tentram yang pastinya selalu di berikan kesehatan.

Sucipto,S.Ag berharap kepada masnarakat desa Nabang Baru supaya setiap ada permasalahan bisa diselesaikan degan  cara rembukan,tegasnya.

Saya ngakmau dengar ada keluhan masyarakat desa Nabang Baru meningal karena kelaparan dan khususnya untuk kaula muda agar dapat mewarisi atau menerapkan tradisi ini sampai kapan pun,tegas Sucipto,S.Ag

Camat Marga Tiga,Sarminsyah,S.St dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas peringatan ulang tahun desa Nabang Baru yang ke 38 tahun yang  sekaligus Ruwat Desa atau bersih desa.

“apa yang sudah diihtiarkan oleh bapak ibu yang sudah bersusah payah berkerjasama baik tenaga maupun pikiran dan materi dalam rangka melaksanakan kegiatan ini yang tujuannya untuk mencari Ridho Allah agar kedepan menjadi desa yang aman,tentram, damai dan di berkahi oleh Allah SWT.

Diakhir sambutan Camat Marga Tiga menyampaikan himbauan dari Polsek Marga Tiga terkait hiburan organ tungal hanya sampai jam 6 sore dan jelang pilkada di bulan Nopember di seluruh Propinsi Lampung, silahkan pilih calon gubernur, bupati sesuai hati nurani, yang pasti kita sama-sama untuk menjaga ketertiban,keamanan dalam melaksanakan pesta demokrasi,imbugnya (Safarudin)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.