Pembawa Aspirasi Rakyat

H.Marwan Dasopang Kunjungi PHD dan TPIH KNO 09, Pembenahan Layanan Haji Mendesak Diprioritaskan

0

 

Anggota DPR RI, H.Marwan Dasopang, beserta isteri, Hj.Isma Amrina,  H.Ilyas Sitorus, H M Rahmadani Lubis, H.Achmad Fadli, H.Tuah Sirait, dr.Fauziah Henni dan Leli Karmila.

MAKKAH,pelitarakyat.co.id – Pembenahan layanan Haji Indonesia sudah sangat mendesak diprioritaskan. Agar calon jamaah haji (Calhaj)sebagai dhuyufurahman (tamu Allah SWT) benar-benar nyaman dalam melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Madinah dan Kota Makkah.

“Kementerian Agama tidak saja setiap tahun minta tambahan kuota haji untuk mengurangi daftar tunggu haji, tapi juga kualitas layanan yang mesti diutamakan.  Demikian rangkuman hasil kunjungan Anggota DPR RI, H.Marwan Dasopang dengan Petugas Haji Daerah (PHD) Provinsi Sumut, H.Ilyas Sitorus, H. Muhamah Rahmadani Lubis, H.Achmad Fadly dan Petugas Pembimbing Ibadah Haji, H.Tuah Sirait di Deyar Al Shishah Hotel, Makkah, Rabu,(19/6/2024).

Hadir saat itu, Tim Kesehatan, dr Fauziah Henni serta  Leli Karmila dan Hj.Isma  Amrina. Pada kesempatan itu Ilyas Sitorus, Rahmadani Lubis dan Achmad Fadli menyampaikan keluhan yang disampaikan para calhaj KNO 09 Embarkasi Medan yang merasa sangat tidak nyaman tidur di pemondokan Mina.

“Sangat memprihatinkan, para calhaj harus tidur seperti orang mati. Tak bisa bebas terlentang, tapi harus miring,” ujar Ilyas Sitorus.

Tentang layanan pondokan hotel yang sempit di Madinah, juga disampaikan Rahmadani Lubis. “Maunya hal ini menjadi perhatian pemerintah agar ke depan, jangan sampai terjadi jumlah jamaah yang dipadatkan di setiap kamar hotel yang menyebabkan terganggunya kenyamanan tidur jamaah.

Sementara Achmad Fadli juga menambahkan adanya keluhan air mandi yang dialami  jamaah lansia wanita.  Air mandi tersebut panasnya luar biasa. Mereka tak bisa mandi dan hanya bilas-bilas saja.

“Dalam masalah bimbingan ibadah haji tidak menjadi persoalan karena Petugas pembimbing haji, Tuah Sirait telah membuat program yang intinya meningkatkan silaturahmi sesama jamaah.

Menyikapi masalah pondokan di Mina yang dinilai memprihatinkan itu,  sudah menjadi catatan Komisi 8 DPR RI sejak beberapa tahun ini terus mendorong peningkatan kualitas haji Indonesia.

Menurut Marwan, politisi PKB ini, pemerintah Arab Saudi juga sudah menyadari kondisi tersebut dan berupaya menekan ketidaknyamanan calhaj nanti.

“Mudah-mudahan realisasi 10 gedung dua tingkat yang dijanjikan Pemerintah Arab Saudia bisa terealisasikan tahun 2025. Sehingga kualitas penyelenggaraan haji Indonesia dapat meningkat dari tahun tahun sebelumnya,” ucap Marwan. (bar/de)

Leave A Reply

Your email address will not be published.