Pembawa Aspirasi Rakyat

H.Tukino,S.Sos.I, M.Sos: Kajian Duha dan Konsultasi Ibadah Efektif Bangun Semangat Jamaah Menuju Pelaksanaan Arr Muzna

0
Petugas Pembimbing Ibadah KNO 13 Labuhan Batu, H.Tukino, S Sos I, M Sos sedang menggelar konsultasi ibadah kepada para jamaah di Hotel Deyar 323 Shishah Makkah.

MAKKAH,pelitarakyat.co.id – Lain Lubuk lain ikannya itulah perumpamaan yang tepat bagi Pembimbing Ibadah (Binbad) KNO 13 Kabupaten Labuhan Batu, H Tukino, S.Sos.I, M.Sos, yang menggelar Kajian Duha setiap minggu dan Konsultasi Ibadahsetiap harinya kepada calon jemaah haji (calhaj).

“Dua kegiatan ini sangat familiar dalam meningkatkan silaturahmi dan membangun semangat untuk menjalani perjalanan Arr Muzna yang tidak lama lagi kita jelang,” kata Tukino di Hotel Deyar Al Shishah Makkah Sabtu sore, (7/6/2024).

Menurut Tukino, konsultasi ibadah dilakukan di Gang Kamar jamaah setiap hari dengan regu berbeda. Karena KNO 13 berada di dua Hotel, pertama di hotek Deyar 323 dan kedua di Deyar 322, jadi digilir.

“Walaupun harus bolak balik ke hotel, namun hal ini sangat efektif dilaksanakan dan lebih familiar.

Langkah yang kita lakukan ini juga berdasarkan evaluasi perjalanan ibadah haji  Pemkab Labuhan Batu pada tahun 2016 lalu,” ujar Tukino yang juga Kepala Kantor Urusan Agama (KUA)Kecamatan Bilah Kabupaten Labuhan Batu.

H.Tukino,S.Sos I,M.Sos 

Selain itu, lanjutnya, ia juga mengaktifkan WA Grup yang didalamnya membeberkan masalah fiqih haji wanita dan moderasi haji.

“Saat ini kami memastikan Umroh wajib seluruh Calhaj KNO 13 sudah sempurna sebelum pelaksanaan Arr Muzna,” tambah Tukino, alumni S-2 Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut tahun 2023 lalu.

Tukino juga menyakini dan berharap pelaksanaan Arr Muzna nantinya lancar.

Karena pemerintah Arab Saudia sudah mengevaluasi sekaligus mengantisipasi operasional pelaksanaan Arr Muzna dengan kartu pengenal identitas diri dengan kartu Nusuk dan Murul bagi jamaah risti dan distabilitas. Seperti diketahui, tahun 2023 ada ratusan jamaah ilegal dari Turki dan Indonesia yang diduga tidak memiliki visa haji terkena penertiban.

Sehingga terjadi penumpukan dan kemacetan jalan.

“Alhasil tranportasi jadi terlambat dan jam 2 siang baru bisa bergerak,” ucap Tukino seraya mengaku bahwa ia sudah ketiga kalinya naik haji, pertama, sebagai jamaah haji reguler tahun 2008, kedua tahun 2016 dan 2024 sebagai petugas Binbad,” sebutnya.

Bulan Oktober 2024, lanjut Tukino yang juga Pembimbing haji pada Travel haji Amirah Labuhan Batu Induk  akan mendampingi jamaah Umroh haji.

Sedangkan tahun 2025 mendatang, Tukino bersama isterinya akan melaksanakan haji reguler.

Sejauh ini bagaimana perhatian Plt. Bupati Labuhan Batu, menurut Tukino cukup bagus. “Kami tetap di fasilitasi oleh Plt. Bupati Labuhan Batu, Hj.Elya Rossa

Siregar dengan kereta api baik pergi ke Asrama haji Medan maupun kembali ke Labuhan Batu. (b/de).

Leave A Reply

Your email address will not be published.