Pembawa Aspirasi Rakyat

BWS ll Gelar Diskusi di Fak Teknik USU, Tingkatkan Komitmen Dalam Pengembangan SDA Berkelanjutan

0

MEDAN,pelitarakyat.co.id – Menjelang perhelatan World Water Forum ke-10 di Bali pada Mei 2024, BWS Sumatera II Medan menyelenggarakan diskusi bersama Civitas Akademika Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Aula Fakultas Teknik Sipil USU, Rabu (13/12/2023).

“Melalui kegiatan ini kita berharap para Civitas Akademika dapat berpartisipasi di World Water Forum ke-10 di Bali nanti. Sehingga mereka dapat membawa isu-isu daerah terkait pengelolaan air agar mendapatkan solusi. Diskusi ini dilakukan juga mempromosikan kegiatan World Water Forum ,” ucap Kasubag TU Aron Hatuaon Marpaung tentang rencana digelarnya World Water Forum ke 10 di Bali.

Pada Kesempatan yang sama, Makmur Ginting selaku narasumber menyampaikan materi tentang water for shared prosperity atau air untuk kesejahteraan bersama. Diskusi ini diikuti sebanyak& 100 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik USU dan UMSU.

World Water Forum, lanjut Aron, merupakan kegiatan pertemuan internasional terbesar di bidang air dengan melibatkan stakeholder/pemangku kebijakan. Konferensi ini telah berlangsung sejak tahun 1997 dan diselenggarakan setiap tiga tahun sekali.

Dalam pelaksanaannya, World Water Forum meliputi 3 tahun fase persiapan (preparatory phase), satu minggu acara (event phase), dan penyampaian hasil kegiatan (synthesis phase) dengan dukungan berbagai pihak untuk mewujudkan aksi bersama (collective action).

Misi World Water Forum adalah menyediakan platform bagi semua pemangku kepentingan di bidang air untuk berdiskusi, berbagi ilmu dan pengalaman, serta menciptakan ide-ide konkret dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya air yang lebih baik.

“Selain itu, juga akan mendorong pemikiran yang inovatif dalam , isu dan permasalahan terkini dalam pengelolaan sumber daya air, meningkatkan komitmen juga aksi para pembuat kebijakan dalam pengelolaan serta pengembangan sumber daya air yang berkelanjutan.Tingkatkan Komitmen dan Aksi dalam Pengembangan SDA berkelanjutan,” pungkasnya.(r/bar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.